50 Tahun, KTB Mitsubishi Fuso Fokus ke Euro 4

Berita Otomotif

50 Tahun, KTB Mitsubishi Fuso Fokus ke Euro 4

JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors – distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia – sedang fokus menyiapkan produk-produk yang memenuhi standar emisi Euro 4.

Hal itu disampaikan oleh Suci Sitoresmi, public relations KTB, kepada Mobil123.com ketika disinggung kapan akan meluncurkan new Fuso Canter atau Fuso Colt Diesel di Indonesia [baca: New Fuso Colt Diesel Telah Dijual di Jepang, KTB Justru Berpikir Lain].

“Kami belum ke arah sana (meluncurkan new Fuso Canter). Kami sedang persiapan Euro 4,” ujarnya.

Saat ini emisi semua jajaran kendaraan bermesin diesel yang dijual oleh MFTBC di Indonesia masih berstandar Euro 2. Produk-produk Fuso compatible dengan Biodiesel 30%.

  • Di segmen Light Truck, KTB menjual Colt Diesel dengan beban muatan GVW (Gross Vehicle Weight) dari 5,2 – 8,25 ton. Di segmen tersebut Colt Diesel bisa disulap menjadi minibus selain truk.
  • Di kelas Medium Truck terdapat Fuso Fighter dan Fuso dengan beban muatan GVW 14.23 – 26 ton.
  • Berikutnya segmen Tractor Head mengandalkan Fuso Fighter dengan GCW (Gross Combination Weight) 36 ton.

“Jadi mulai 2021, kendaraan-kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia sudah ready Euro 4. Pada dasarnya kami mengikuti Pemerintah kapan diimplementasikannya,” imbuhnya.

Menurutnya, KTB akan melakukan penyesuaian di mesin karena kalau Indonesia mau menerapkan EURO4 pasti ada standarisasinya. APM (agen pemegang merek) melakukan penyesuaian mesin kendaraan, dan Pemerintah melakukan penyesuaian kualitas bahan bakar minyak (BBM).

Sejumlah penyesuaian akan dilakukan oleh KTB, namun hal yang paling utama adalah penggunaan teknologi common-rail.

Langkah ini merupakan salah satu langkah penting bagi Mitsubishi Fuso dalam rangka 50 tahun keberadaannya di Indonesia yang jatuh pada tahun 2020.

Beberapa inovasi telah dilakukan oleh seperti membuka Mitsubishi Fuso Official Store di sebuah platform marketplace, di mana para konsumen bisa membeli kendaraan dan onderdil.

Dalam Official Store Mitsubishi Fuso, terdapat 22 Dealer Mitsubishi Fuso yang terbagi ke dalam 8 wilayah yaitu Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, JABODETABEK, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali & NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian Timur.

“Kerjasama antara Mitsubishi Fuso dan platform digital ini berawal dari komitmen KTB untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada para konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di masa pandemi, mengharuskan kami beradaptasi dengan kebutuhan konsumen untuk melakukan transaksi jarak jauh,” ungkap Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB. [Idr]

 

 

 

     



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar