Ternyata, Ini Alasan Indomobil Group Mau Ambil Alih Kia

Berita Otomotif

Ternyata, Ini Alasan Indomobil Group Mau Ambil Alih Kia

JAKARTA - Indomobil Group mengambil alih bisnis Kia di Indonesia karena merek tersebut dianggap sudah cukup ‘punya nama’ untuk dikembangkan lebih lanjut.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Indomobil Group baru saja mengambil alih distribusi dan purnajual Kia di Tanah Air. Kia beberapa tahun belakangan memang memang diketahui meregang nyawa karena mengalami kesulitan finansial, mandeknya penjualan, yang kemudian berdampak pada penutupan dealer-dealer mereka di berbagai lokasi.

Merek yang satu grup dengan Hyundai ini juga telah menghilang dari pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sejak 2017. Mereka pun sudah keluar dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak tahun lalu.

Bambang Subijanto selaku Direktur Utama PT. Indomobil Sukses International, ketika diwawancarai di sela-sela konferensi pers terakhir mengenai GIIAS 2019 pada awal pekan ini, mengonfirmasi secara langsung akuisisi Kia. Perusahaan dengan kode saham IMAS di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini melihat merek tersebut sesungguhnya masih punya prospek.

“Ini mobil Korea Selatan yang potensial di Indonesia. Mereka sudah cukup lama (ada di pasar). Kami sendiri melihat Kia di Indonesia sudah punya nama. Jadi, sewaktu ditawarkan, kami tertarik dan mempertimbangkan untuk membuat suatu organisasi khusus Kia,” paparnya di Jakarta.

Kia tidak akan lagi ditangani oleh perusahaan sebelumnya yakni PT. Kia Mobil Indonesia (KMI). Indomobil Group sudah membuat satu perusahaan patungan (joint venture) bersama-sama dengan PT. Sarimitra Kusuma Ekajaya.

Indomobil Group memiliki 60 persen saham perusahaan patungan bernama PT. Kreta Indo Arta ini. Sisanya dipunyai oleh sang partner.

Perizinan dan Produk Baru
Bambang mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mengurusi segala macam perizinan untuk PT. Kreta Indo Arta. Ia belum bisa menjelaskan apakah sumber daya manusia di agen pemegang merek yang sebelumnya akan ditarik ke perusahaan patungan yang baru atau tidak.

Setelah semua proses administrasi selesai, barulah pembahasan soal strategi dimulai. Untuk saat ini, Indomobil Group belum memikirkan model-model yang bakal diluncurkan untuk pasar Nusantara.

“Soal produk itu belum (dibahas). Tapi pasti akan ada. Kami akan melihat produk-produk yang diminati di Indonesia,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support