Terapkan Protokol Covid-19, Jakarta Auto Week Targetkan 250 Ribu Pengunjung

Berita Otomotif

Terapkan Protokol Covid-19, Jakarta Auto Week Targetkan 250 Ribu Pengunjung

JAKARTA – Jakarta Auto Week, pameran otomotif pengganti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 ditargetkan menyerap ratusan ribu pengunjung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, GIIAS 2020 di Serpong, Tangerang pada 22 Oktober – 1 November dipastikan batal gara-gara waktu persiapan yang amat pendek akibat terdampak pandemi virus Corona (Covid-19). Adapun rentetan GIIAS di berbagai daerah lain yaitu Medan, Makassar, dan Surabaya sudah lebih dahulu ditiadakan.

Sebagai ganti GIIAS di Serpong, tahun ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengadakan Jakarta Auto Week yang berskala lebih kecil dan fokus pada penjualan. Pameran ini bakal berlangsung selama 9 hari, 21 – 29 November dan berlokasi di Jakarta Convention Center yang juga menjadi tempat langganan pameran mobil komersial GIICOMVEC.

Gaikindo, melalui keterangan resmi beberapa waktu lalu, berharap bahwa momentum pameran di akhir tahun plus area dan lokasi pameran yang berada di tengah kota akan mendorong pasar otomotif Indonesia tahun ini. Sekadar mengingatkan, pasar mobil sepanjang Januari – Juli kemarin hanya 286 ribu unit (wholesales/distribusi pabrikan ke dealer), turun drastis dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 571.351 unit.

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Jakarta Auto Week, mengatakan pihaknya bakal menerapkan protokol Covid-19 selama pameran. Namun, tetap ada target pengunjung sebanyak 250 ribu orang selama sembilan hari.

“Penyelenggaraan pameran akan tetap berpatokan pada protokol pengamanan Covid-19, yang juga mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu, agar tetap aman,” terang Rizwan.

Peluncuran produk-produk baru dijanjikan tetap ada. Selain itu, kata Rizwan, berbagai program untuk mendongkrak penjualan bakal diberikan selama pameran. Program-program itu antara lain adalah cashback (diskon), promo bundling, sampai lelang.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan sebagai usaha bangkit dari efek pandemi Corona, Gaikindo dan para pabrikan otomotif di dalamnya akan tetap fokus pada pemulihan industri otomotif serta perekonomian negara. Di saat bersamaan, ia berjanji tetap berkomitmen menjaga kesehatan masyarakat.

“Diharapkan dalam waktu dekat ini situasi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak ada aral yang menghambat pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week nanti,” tutup Nangoi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar