GIIAS 2020 Batal, Diganti Jakarta Auto Week

Berita Otomotif

GIIAS 2020 Batal, Diganti Jakarta Auto Week

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 akhirnya benar-benar ditiadakan. Sebagai gantinya, ada pameran lain bernama Jakarta Auto Week pada tempat dan waktu berbeda.

Pekan lalu, Mobil123.com memberitakan GIIAS 2020 di Serpong, Tangerang kemungkinan batal dan diganti pameran berskala lebih kecil akibat pandemi virus Corona (Covid-19). Jadwal event itu sendiri sebenarnya sudah mundur, dari sebelumnya 7 – 17 Agustus menjadi 22 Oktober – 1 November.

Akhirnya, GIIAS 2020 benar-benar harus absen. Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), melalui keterangan resmi pada Selasa (18/8/2020) sore, mengumumkan GIIAS 2020 ditiadakan. Adapun alasan dikemukakan dalam pernyataan pers adalah ‘waktu persiapan pameran yang makin pendek’.

GIIAS disebut sebagai pameran berskala internasional yang masuk agenda OICA sehingga butuh persiapan cukup panjang. Di dalamnya terdapat banyak acara seperti seminar internasional Gaikindo International Automotive Conference, pertunjukan mobil-mobil konsep, dan peluncuran berbagai produk baru dari para peserta.

“Setiap penyelenggaraan GIIAS membutuhkan persiapan yang kompleks, detail, dengan waktu cukup panjang. Oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, Gaikindo mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020 – BSD City,” ujar Nangoi.

GIIAS di Serpong menyusul seri-seri GIIAS lainnya di Medan, Makassar, Surabaya yang sudah terlebih dahulu dinyatakan batal.

Jakarta Auto Week
Meski GIIAS 2020 sepenuhnya batal, Gaikindo, menurut Nangoi, tetap memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Karena itulah, bakal ada pameran pengganti bernama Jakarta Auto Week.

“Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan ekonomi negara, serta dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, maka diputuskan tahun ini GAIKINDO akan menyelenggarakan sebuah pameran otomotif dengan konsep berbeda dari GIIAS,” jelas Nangoi.

Pameran ini akan digelar dengan waktu lebih pendek dari GIIAS yaitu pada 21 – 29 November mendatang. Lokasi acara, Jakarta Convention Center (JCC), juga berkapasitas lebih kecil daripada Indonesia Convention Exhibition yang menjadi tempat langganan GIIAS.

Perkenalan produk-produk baru tetap ada. Jakarta Auto Week diharapkan dapat mendorong penjualan mobil secara masif.

“Seperti kita ketahui, GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif sedangkan Gaikindo Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar