Target Penjualan Mobil 2020 Diputuskan Masih 600 Ribu Unit, Ini Alasannya

Berita Otomotif

Target Penjualan Mobil 2020 Diputuskan Masih 600 Ribu Unit, Ini Alasannya

JAKARTA – Target penjualan mobil 2020 diputuskan tetap 600 ribu unit, meski pandemi virus Corona (Covid-19) masih mengancam dan perolehan pasar selama tujuh bulan pertama tahun ini belum memenuhi separuh dari angka itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasar mobil nasional baru saja mengalami kenaikan selama dua bulan berturut-turut yaitu pada Juni dan Juli 2020. Sebelumnya, sepanjang kuartal kedua, pasar terpukul habis-habisan oleh pandemi.

Meski mengalami tren positif dalam dua bulan terakhir, total penjualan Januari – Juli 2020 tetaplah ‘cuma’ berjumlah 286 ribu unit (wholesales/distribusi pabrik ke dealer). Angkanya masih jauh di bawah capaian pada periode yang sama tahun lalu yang menyentuh 571.351 unit.

Penjualan di tujuh bulan pertama 2020 juga belum memenuhi separuh dari target 600 ribu unit yang dipatok oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, ketika dihubungi Mobil123.com pada Rabu (12/8/2020) sore, mengakui hal tersebut.

Namun, menurutnya, Gaikindo memutuskan tetap pada target hasil revisi pada April silam tersebut. Kemungkinan koreksi target untuk kedua kalinya pada awal Agustus tak  mereka lakukan.

“Sampai sekarang kami masih mematok target di 600 ribu unit. Mudah-mudahan bisa tercapai. Mungkin berat, tapi melihat perkembangannya, mudah-mudahan kepercayaan diri konsumen, dorongan dan nafsu membeli mobil makin naik,” ucap Nangoi via sambungan telepon pada Rabu (12/8/2020) sore.

Mantan Presiden Direktur PT. Astra Isuzu Motor Indonesia ini menjelaskan capaian 286 ribu selama Januari – Juli kemarin membuat mereka masih ‘berutang’ sekitar 314 ribu unit. Artinya, pasar harus bisa membukukan penjualan sekitar 60 ribu unit per bulan di lima bulan tersisa.

“Melihat Juni, Juli (penjualan mobil) tumbuh harusnya pada Agustus ini akan tumbuh lagi. Di kuartal keempat, penutupan tahun, kalau situasi bisa lebih beres, penjualan 65 – 70 ribu unit per bulan masih mampu. Mungkin dengan program-program penjualan dari para APM (Agen Pemegang Merek) dan dengan meredanya Covid-19 serta adanya pameran yang berjalan,” papar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar