Target Daihatsu Indonesia di Bawah Presiden Direktur Baru

Berita Otomotif

Target Daihatsu Indonesia di Bawah Presiden Direktur Baru

SERPONG – Presiden direktur baru PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  ingin terus meningkatkan jumlah produksi dan tetap menjadi perakit kendaraan terbesar di pasar otomotif Indonesia.

PT. ADM sendiri merupakan joint venture antara Daihatsu Motor Corporation dengan PT. Astra International. Seperti diketahui baru saja mengangkat Tetsuo Miura sebagai Presiden Direktur baru, bersamaan dengan pergantian jajaran dewan direksi lainnya. Miura menggantikan peran Tsuneo Itagaki sebagai orang nomor satu Daihatsu di negeri ini.

Miura, ketika diwawancarai, mengatakan bahwa mereka adalah produsen otomotif terbesar di Indonesia dari sisi produksi. Hal inilah yang ingin mereka pertahankan.

“Sebagai perusahaan manufaktur kendaraan kami harus meningkatkan nilai kompetitivitas kami. Baik dari sisi kualitas, biaya operasional, dan penjualan untuk menambah jumlah produksi,” papar dia.

Daihatsu merupakan pabrikan terlaris kedua di pasar mobil nasional versi penjualan retail. Status ini sudah mereka pertahankan selama sembilan tahun berturut-turut. Miura ingin pula Daihatsu tetap mempertahankannya hingga 10 atau belasan tahun ke depan.

Sebagai informasi, Daihatsu saat ini sudah memiliki pabrik perakitan di Sunter, Jakarta Utara serta Karawang, Jawa Barat dengan total kapasitas produksi terpasang 530 ribu unit per tahun. Pabrik di Karawang memiliki kapasitas produksi 200 ribu unit dan bertugas merakit mobil-mobil low cost green car (LCGC) Daihatsu maupun Toyota seperti Agya, Ayla, Calya, plus Sigra.

Pada tahun lalu mereka sudah merakit 506 ribu unit di Indonesia. Tak hanya untuk pasar domestik, mobil-mobil tersebut diekspor pula ke berbagai negara dengan merek Toyota.

Sayangnya, dengan utilisasi kapasitas produksi yang sudah mendekati kapasitas produksi terpasang Miura tidak menjelaskan rencana penambahan kemampuan pabrik di masa depan. Ia hanya menjelaskan bahwa untuk mendukung misi masa depan, Daihatsu juga fokus pada pengembangan sumber daya manusia.

“Tanpa orang-orang kompeten, kami tida bisa mencapai tujuan dan gol kami. Jadi, kami tahun ini fokus di pengembangan sumber daya manusia,” lanjutnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual