Alasan Sigra Bisa Salip Xenia Sebagai Mobil Terlaris Daihatsu

Berita Otomotif

Alasan Sigra Bisa Salip Xenia Sebagai Mobil Terlaris Daihatsu

SERPONG – Daihatsu Sigra sudah menjadi tulang punggung utama penjualan Daihatsu, menggantikan Xenia, karena sekarang model ini menjadi multi purpose vehicle (MPV) termurah milik pabrikan asal Jepang tersebut.

Marketing and CR Division Head PT. Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan bahwa mayoritas konsumen Daihatsu sangat sensitif terhadap harga. Menurut dia, hampir 60 persen pembeli Daihatsu merupakan pemilik mobil pertama. Sebanyak 80 persen konsumen Daihatsu juga membeli mobil secara kredit.

“Dari situ bisa langsung dilihat, kan, profil konsumen Daihatsu,” kata Hendrayadi, Senin (4/6/2018) malam di Serpong, Tangerang dalam acara pendantanganan kerja sama Daihatsu dengan klub bulutangkis Candra Wijaya selama 12 tahun.

Dengan banyaknya porsi konsumen pemula yang membeli secara kredit, pilihan utama untuk mobil Daihatsu pun jatuh pada Sigra dan bukan lagi Xenia. Kontribusi Sigra terhadap total penjualan Daihatsu terus menguat sejak model ini diluncurkan bersama-sama dengan Toyota Calya pada Agustus 2016.

“Konsumen Daihatsu memang price concern. Nah, Sigra ini memang yang harganya paling terjangkau. Semakin lama, kalau kita lihat, semakin kuat memang kontribusi Sigra terhadap total Daihatsu. Dulu saya ingat di bawah 20 persen waktu peluncuran, sekarang sudah 25 persen. Sudah mendominasi passanger car Daihatsu mengalahkan Xenia. Itu wajar karena memang harganya yang paling terjangkau,” papar Hendrayadi lagi.

Sebagai informasi, penjualan retail Daihatsu sepanjang Januari-Mei 2018 berdasarkan data dari Hendrayadi adalah 82.941 unit atau naik 10,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sigra penyumbang penjualan terbesar dengan kontribusi 25 persen, disusul Xenia, Ayla, dan Terios yang masing-masing menyumbang 21 persen, 15 persen, 14 persen.

Ayla dan Sigra
Bicara soal mobil paling murah Daihatsu, sebenarnya masih ada Ayla. Harganya on-the-road Jakartanya, jika menilik situs resmi merek ini, berkisar dari Rp 94,05 – 147,75 juta.

Sebagai perbandingan, banderol on-the road Jakarta Sigra dimulai dari Rp 109,9 – 150,65 juta. Baik Ayla maupun Sigra sama-sama ada di segmen low cost green car (LCGC) yang mendapat insentif pajak dari pemerintah sehingga harganya bisa cukup rendah. Tapi Sigra bermodel MPV sedangkan Ayla berbentuk city car.

Mengenai preferensi konsumen Daihatsu yang lebih mengarah ke Sigra ketimbang Ayla, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menerangkan bahwa mobil berkapasitas tujuh penumpang khususnya MPV seperti Sigra memang menjadi pilihan utama konsumen-konsumen mobil di Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual