Daihatsu Beberkan Strategi untuk Lawan Mobil China

Berita Otomotif

Daihatsu Beberkan Strategi untuk Lawan Mobil China

SERPONG – Daihatsu mengandalkan rekam jejak serta jaringan penjualan plus purnajual yang sudah luas untuk melawan strategi ‘banting harga’ dari mobil-mobil China, selain tentunya produk-produk baru di masa depan.

Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Tetsuo Miura menilai bahwa produsen-produsen mobil China sangat kuat, terutama soal harga jual di pasar. Pasalnya, banderol mobil China sangat kompetitif jika dibandingkan para kompetitor dari Jepang.

“Wuling, Dongfeng Sokon (DFSK), harganya bisa 20 – 30 persen lebih rendah daripada merek-merek mobil produksi massal Jepang. Jadi saya pikir mereka sangat kuat,” ucapnya usai penandatanganan kerja sama Daihatsu dengan klub bulutangkis Candra Wijaya selama 12 tahun, awal pekan ini di Serpong, Tangerang.

Sebagai informasi, dua pabrikan mobil China yakni Wuling plus DFSK agresif mempenetrasi pasar Indonesia dengan membangun pabrik pada 2015 dan selesai pada 2017. Wuling meluncurkan produk terlebih dahulu, sebuah low multi purpose vehicle (LMPV) bernama Confero, pada Agustus 2017. Disusul kemudian oleh MPV Cortez 1.8-liter pada Februari 2018 serta Cortez 1.5-liter dua bulan kemudian.

DFSK lalu menyusul mengaspalkan sport utility vehicle (SUV) Glory 580 pada April tahun ini. Baik Wuling maupun DFSK menawarkan kendaraan dengan selisih harga cukup terasa dengan merek-merek Jepang yang menguasai 98 persen pasar Indonesia, tapi punya fitur jauh lebih ‘royal’.

Lebih lanjut, Miura, yang baru saja menjabat sebagai pucuk pimpina baru ADM menggantikan Tsuneo Itagaki, mengungkapkan bahwa pihaknya tentu akan melawan balik dari sisi produk. Tapi, produk hanya satu dari banyak aspek menentukan dalam pasar. Di samping itu, masih ada soal layanan penjualan dan purnajual.

“Pada sisi penjualan, kami memiliki keuntungan karena kami punya sejarah  panjang di negeri ini, jadi kami punya aktivitas yang lebih komprehensif dari sisi penjualan dan layanan purnajual, pemasok, dan jalinan kerja sama dengan PT. Astra International. Kami memiliki keuntungan lebih dari mereka,” paparnya.

Penjualan retail Daihatsu sepanjang Januari-Mei 2018, berdasarkan data internal yang diberikan ke Mobil123.com, berjumlah 82.941 unit atau naik 10,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sigra penyumbang penjualan terbesar dengan kontribusi 25 persen, disusul Xenia, Ayla dan Terios yang masing-masing menyumbang 21 persen, 15 persen serta 14 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual