Daihatsu Indonesia Ganti Direksi, Masih Dipegang Wakil Jepang

Berita Otomotif

Daihatsu Indonesia Ganti Direksi, Masih Dipegang Wakil Jepang

JAKARTA – Daihatsu Indonesia mengumumkan susunan direksi yang baru. Pucuk pimpinan kembali dipegang oleh wakil dari Daihatsu Motor Company (DMC) Jepang.

Pergantian direksi, seperti diterangkan dalam siaran pers PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Senin (4/6/2018), dilakukan sesuai kesepakatan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada Rabu (16/5/2018) di Jakarta. Di posisi Presiden Direktur, Tsuneo Itagaki digantikan oleh Tetsuo Miura yang naik dari posisi Direktur Senior.

Orang Indonesia terakhir yang menjabat Presiden Direktur ADM ialah Sudirman Maman Rusdi. Dia berada di posisi ini selama sekitar enam tahun, dari 2011-2017.

Lebih lanjut, posisi Wakil Presiden Direktur sekarang diisi Pongky Wibowo. Pongky sebelumnya menjabat sebagai Direktur Produksi.

Kursi Direktur Senior yang ditinggal Tetsuo Miura sendiri kini ditempati Masaki Ogita. Sementara itu, jajaran Direktur adalah Amelia Tjandra, Masaomi Takeda, Lina Djafar, Shinya Takeda, Erlan Krisnaring Cahyono, Kazuya Tomura, dan Yuko Mochida.

Sebagai informasi, ADM merupakan perusahaan patungan antara PT. Astra International (Astra) dengan DMC. Saham Astra di ADM berdasarkan penelusuran Mobil123.com lebih kecil daripada DMC, yaitu 31,87 persen.

Komposisi Dewan Direksi baru ini sekaligus menandai berakhirnya masa kerja Sudirman Maman Rusdi. Sudirman bergabung sejak 15 November 1978 di PT. Daihatsu Indonesia, cikal bakal ADM.

Ketika itu, perusahaan masih berusia lima bulan. Perlahan, karier Sudirman menanjak hingga menduduk beberapa posisi strategis, baik di Astra maupun di Daihatsu.

Ia antara lain pernah menjabat sebagai Direktur Astra (2010-2017), Direktur di DMC (2011-2017), hingga kemudian menjadi Presiden Direktur ADM. Sebelum memasuki masa purnabakti, Sudirman sempat turun dari posisi Presiden Direktur dan berkarya sebentar sebagai Wakil Presiden Direktur ADM.

Selama hampir empat dasawarsa, Sudirman telah berjuang bersama melewati pasang surut ADM hingga menjadi salah satu pabrikan otomotif terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi 530 ribu unit per tahun, sekaligus menjadi production base mobil Daihatsu maupun Toyota. Menjelang pensiun, Sudirman MR berpesan agar ADM terus melanjutkan pengembangan production base Toyota maupun Daihatsu hasil pengembangan anak-anak Indonesia di Pusat Riset dan Pengembangan ADM di Karawang, Jawa Barat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar