Suzuki Swace, Sepak Terjang Terbaru dari Suzuki dan Toyota

Mobil Baru

Suzuki Swace, Sepak Terjang Terbaru dari Suzuki dan Toyota

Milton Keynes – Kolaborasi antara Toyota dan Suzuki semakin menggila. Kali ini Suzuki meluncurkan Suzuki Swace yang akan dijual mulai musim dingin 2020 di Eropa.

Suzuki Swace berbagi platform dengan Toyota Corolla Touring Sports. Artinya Suzuki Swace menjadi model kedua Suzuki Motor di Eropa yang disediakan oleh Toyota Motor Corporation setelah Suzuki Across.  

Suzuki Across sendiri berbasis Toyota Corolla Cross. Penjualan Suzuki Across sendiri akan dilakukan di Eropa pada musim gugur 2020 di Eropa.

suzuki swace

Suzuki Swace didesain dengan pusat gravitasi rendah. Desainnya menonjol dengan bentuknya yang lebar dan garis-garis body yang mengalir ke belakang dengan kuat, dipadukan dengan wajah depan sporty dengan lampu depan LED bi-beam tajam dan grille berpola sarang lebah besar. Singkatnya sosok Suzuki Swace atletis dan dinamis.

Pilihan Warna Suzuki Swace terdiri dari:

  1. Precious Silver
  2. Dark Blue Mica
  3. Black Mica
  4. Oxide Bronze Metallic
  5. Phantom Brown Metallic
  6. Super White
  7. White Pearl Crystal Shine

Interior yang Serbaguna Suzuki Swace

Pendekatan 'less-is-more' telah diambil, dengan desain interior elegan namun sederhana yang berfokus pada kelapangan, kenyamanan, dan kepraktisan.

Berkontribusi pada rasa keterbukaan (openness) di dalam kabin adalah panel instrumen lebar yang dirancang dengan garis kontinu mengalir secara dinamis ke trim pintu. Kombinasi bantalan lembut dan aksen krom atau perak di seluruh kabin menonjolkan kualitas keseluruhan dan keanggunan interior.

fitur suzuki swace

Swace dilengkapi dengan sistem audio multimedia 8 inci dengan radio AM / FM / DAB, fungsi Bluetooth®, dan kontrol-kontrol di roda kemudi untuk kemudahan penggunaan. Sistem ini kompatibel dengan Apple CarPlay untuk iPhone, serta Android Auto ™ dan MirrorLink ™ untuk smartphone yang kompatibel.

Pad pengisi daya nirkabel Qi tersedia di konsol depan untuk mengisi daya smartphone, bersama dengan dua terminal USB dan terminal AUX yang mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang depan.

Fitur interior utama lainnya Suzuki Swace termasuk roda kemudi dan pemanas kursi depan, sistem AC S-FLOW dengan deteksi penumpang, dan pencahayaan ambient di seluruh kabin.

Sistem Hybrid Suzuki Swace

Suzuki Swace menampilkan sistem hybrid dengan mesin 2ZR-FXE 1.800cc, 4-silinder, 16-katup, serta sebuah motor listrik. Jantung mekanis Suzuki Swace yang membutuhkan asupan bensin ini melepaskan tenaga 96 HP dan torsi 142 Nm.

Motor listrik Suzuki Swace menyodorkan tenaga 53 HP dan torsi 163 Nm. Baterainya berkapasitas 3,6 kWh.

Swace

Mobil dengan volume bagasi 596 liter ini menawarkan 3 mode berkendara:

  • Mode NORMAL: Memberikan keseimbangan optimal antara kenyamanan berkendara, stabilitas dan penghematan bahan bakar minyak (BBM), dan cocok untuk pengendaraan normal.
  • Mode ECO: Membantu pengemudi berakselerasi dengan cara yang ramah lingkungan dan meningkatkan penghematan bahan bakar minyak melalui respons throttle yang lebih bertahap dan penggunaan AC minimal. Mode ini berguna selama mengemudi kota stop-and-go.
  • Mode SPORT: Mengontrol sistem hybrid untuk memberikan akselerasi yang cepat dan bertenaga, sehingga cocok untuk saat respons berkendara lincah, seperti di jalan berliku.

Suzuki Swace dibekali dengan sistem bantuan mengemudi canggih seperti:

  1. Simple-Intelligent Parking Assist (S-IPA) membantu pengemudi saat membelok ke tempat parkir, parkir paralel, atau beranjak dari tempat parkir paralel, dengan memberikan panduan audio dan visual sambil mengoperasikan setir secara otomatis. Sistem ini menggunakan sensor gelombang ultrasonik untuk penginderaan dan memungkinkan parkir akurat bahkan di ruang sempit.
  2. Sistem Pra-Tabrakan (PCS) membantu mencegah tabrakan dengan kendaraan lain, pejalan kaki, dan pesepeda dengan memantau jalan di depan dengan radar gelombang milimeter dan kamera monokuler serta menerapkan bantuan pengereman dan pengereman otomatis jika diperlukan.
  3. Lane Tracing Assist (LTA). Jika LTA mendeteksi mobil menyeberang lajur secara tidak disengaja di jalan tol atau jalan umum yang telah bertanda (bermarka), LTA membantu pengoperasian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap di tengah lajur.
  4. Bantuan Rambu Jalan (RSA) memantau rambu lalu lintas di jalan dan menampilkannya pada tampilan multi-informasi ketika sudah terdeteksi.
  5. Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) secara otomatis menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan, termasuk menghentikan Swace saat kendaraan sebelumnya berhenti dan mengikutinya saat dimulai ulang.
  6. Blind Spot Monitor (BSM) memberi tahu pengemudi saat kendaraan mendekati atau terdeteksi di titik buta belakang.
  7. Rear Crossing Traffic Alert (RCTA) membantu pengemudi Suzuki Swace menghindari tabrakan saat keluar dari tempat parkir. Saat sistem mendeteksi kendaraan lain mendekati di titik buta belakang, dia memperingatkan pengemudi dengan membunyikan bel dan menyampaikan lokasi kendaraan yang mendekat.
  8. Jika Suzuki Swace Anda terlibat dalam kecelakaan lalu lintas, sistem eCall memperingatkan layanan darurat dengan pesan telepon yang menyertakan lokasi kendaraan secara tepat.
  9. Brake Hold. Saat Suzuki Swace berhenti seperti di lampu lalu lintas, rem parkir elektrik menahan kendaraan dengan mempertahankan tekanan pengereman untuk mencegah kendaraan menggelinding maju atau mundur hingga pengemudi menekan pedal gas.

harga suzuki swace

Harga Suzuki Swace dan spesifikasi lengkapnya belum diumumkan oleh Suzuki Motor.

Kembali mengenai kemitraan strategis antara Toyota dan Suzuki. Di India mereka sudah bertukar model, Suzuki Vitara Brezza menjadi Toyota Urban Cruiser dan Suzuki Baleno menjadi Toyota Glanza.

Kita tinggal tunggu sepak-terjang mereka di ASEAN khusus di Indonesia. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar