Toyota Glanza, Kembaran Suzuki Baleno Meluncur 6 Juni

Berita Otomotif

Toyota Glanza, Kembaran Suzuki Baleno Meluncur 6 Juni

NEW DELHI - Toyota memakai bodi Suzuki Baleno dan mengganti logonya untuk membuat sebuah hatchback baru di India.

Sekadar menginformasikan, Toyota dan Suzuki di India memang berkolaborasi di berbagai bidang demi efisiensi. Adapun bentuk-bentuk kerja sama itu antara lain pengembangan mesin konvensional superirit, pengembangan plus produksi bersama mobil listrik pada 2020, hingga saling tukar serta ganti logo produk antar keduanya untuk dijual di negara tersebut dan salah satunya adalah Baleno.

Kembaran Baleno, menurut Indian Autos Blog baru-baru ini, bakal meluncur di ‘Negeri Hindustan’ pada 6 Juni mendatang. Penampakannya sendiri, baik melalui foto atau pun video, sudah bocor di dunia maya sebelum itu.

Toyota Kirloskar Motor di India sendiri masih belum banyak memberikan informasi mengenainya. Aktivitas resmi dari mereka hanyalah perilisan teaser, peluncuran situs khusus, serta sedikit wara-wiri di media sosial.

Adapun banderolnya Baleno ini cukup terjangkau. Harga Glanza untuk varian terbawah diekspektasikan di bawah 7 lakh (Rp 143,94 juta) di dealer New Delhi.

Amat Mirip
Jika gambar-gambar yang diduga sebagai Glanza benar, model ini layak disebut sebagai kembaran Baleno. Bagaimana tidak, eksterior keduanya sangat mirip.

Satu-satunya diferensiasi yang tampak adalah grille dua palang dengan logo Toyota pada bagian depan. Ada pula logo Toyota di penutup pelek bagian tengah plus sektor buritan.

Interiornya juga sangat identik. Glanza dan Baleno mempunyai desain dasbor, panel instrumen, kisi-kisi pendingin udara, hingga sistem hiburan sama.

Perbedaan tunggal yang terlihat dari gambar hanyalah logo Toyota di tengah lingkar kemudi.

Glanza bakal pula dipersenjatai oleh mesin bensin K12M 1.2-liter VVT, empat silinder, naturally aspirated. Tenaga maksimalnya mencapai sekitar 80hp di 6.000 rpm, dengan torsi puncak 113 Nm di 4.200 rpm.

Seperti pada Baleno, ada opsi transmisi manual lima percepatan atau girboks otomatis Continuously Variabel Timing (CVT). Dengan segala persamaan itu, konsumsi bahan bakarnya minyak kedua model diperkirakan sama yakni 21,01 km/liter (MT) serta 19,56 km/liter (CVT).

Hanya ada dua varian Glanza yang dilaporkan oleh media massa India yakni V dan G. Distribusi konon sudah dilakukan oleh Suzuki ke dealer-dealer Toyota. Untuk kloter pertama, ada 364 unit yang disuplai oleh mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar