Suzuki Baleno Versi Toyota Dijual Lebih Mahal Hingga Rp 10 juta

Mobil Baru

Suzuki Baleno Versi Toyota Dijual Lebih Mahal Hingga Rp 10 juta

New Delhi - Toyota Glanza yang merupakan program rebadge Toyota dengan Suzuki Baleno di India ini akhirnya punya harga lebih mahal sekitar Rp 6 - 10 juta.

Untuk diketahui, secara umum tampilan Suzuki Baleno dan Toyota Glanza adalah hatchback kembar identik. Detailnya sama persis, dibedakan hanya oleh logo dari masing-masing brand.

Hal tersebut meluncur mulus ke sistem penggerak dari Glanza yang menggunakan mesin dan transmisi sama dengan Baleno. Sumber penggerak berbahan bakar bensin tersebut memiliki kode kapasitas 1.2-liter BS6 produksi dari Suzuki. Memiliki keluaran tenaga 81 hp dan torsi 113 Nm yang disandingkan dengan 2 pilihan transmisi mabual 5 percepatan serta otomatis CVT.

Dalam keterangannya, terdapat perbedaan terjadi pada satu hal yang krusial yakni harga jual. Glanza dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan Baleno sekitar Rp 6-10 jutaan. Baleno di India ditawarkan dengan harga sekitar Rp 143.94 juta.

Jika semua komponen sama, entah dari mana timbul diferensiasi harga tersebut. Toyota sendiri memberikan iming-iming pada kosumen berupa garansi 3 tahun.

Di masa mendatang, kerjasama Suzuki dan Toyota ini juga akan dilakukan di negara-negara selain India. Dua wilayah yaitu Eropa dan Afrika juga bakal menjadi tempat kolaborasi keduanya.

Dan tidak hanya Glanza - Baleno, terdapat juga mobil-mobil Toyota yang berbasis Suzuki lainnya. Jadi jangan kaget jika nantinya ada versi kopi dari Toyota untuk Suzuki Vitara Brezza, Ciaz bahkan Ertiga. Toyota dan Suzuki sendiri mengklaim bahwa kolaborasi keduanya diprediksi akan meningkatkan kekuatan masing-masing brand di industri otomotif dunia.

Di Indonesia, proyek kolaborasi Toyota dan Suzuki belum dilakukan. Masing-masing pabrikan sepertinya sedang fokus untuk menjual masing-masing kendaraan produksinya.

Untuk diketahui, proyek kolaborasi di Indonesia sudah banyak dilakukan. Sebut saja Suzuki APV dengan Mitsubishi Mavan, Mitsubishi L300 - Isuzu Bison, Suzuki Carry - Mitsubishi Colt T120SS hingga Suzuki Ertiga - Mazda VX-1.

Dan yang menarik, hampir semua pengkopinya akhirnya harus stop produksi sementara model aslinya masih eksis hingga saat ini. Yang tersisa hanya pemain baru all-new Nissan Livina yang merupakan pengkopi dari Mitsubishi Xpander yang baru diluncurkan Febuari 2019. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support