Suzuki Indonesia Belum Mengaku Kalah dari India Soal Hak Perakitan Jimny

Berita Otomotif

Suzuki Indonesia Belum Mengaku Kalah dari India Soal Hak Perakitan Jimny

JAKARTA – Suzuki Indonesia belum mau mengakui atau mengonfirmasi kabar yang mengatakan bahwa Jimny akan diproduksi di India.

Seperti diketahui, Suzuki Indonesia dan Suzuki India memang sedang bersaing untuk dapat melakukan perakitan Jimny. Saat ini, sport utiity vehicle (SUV) tersebut memang hanya dibuat di Jepang dengan kapasitas produksi sekitar 50 – 55 ribu unit per tahun.

Belakangan, muncul isu dari berbagai situs otomotif di ‘Negeri Hindustan’ yang mengatakan Jimny akan diproduksi di sana. Adalah Times Now India yang pertama mengabarkannya dengan mengutip sumber anonim.


Ketika dimintai tanggapan, Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak mau mengakuinya. Kabar itu, menurut dia, bukanlah info resmi dari Suzuki Motor Corporation Jepang sebagai prinsipal.

“Selama info itu bukanlah info resmi dari Suzuki Motor Corporation Jepang, kami tidak bisa mengonfirmasi kebenarannya. Boleh saja, sih, wartawannya India bercerita akan diproduksi di sana. Atau wartawan Bangladesh bilang akan produksi di Bangladesh. Tapi, selama itu bukan info dari Suzuki Motor Corporation, kami tak mengonfirmasikan kebenaran berita itu,” tegas dia dalam diskusi virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) pada Rabu (30/9/2020).


Tidak ada keterangan mengenai progress persaingan untuk merakit lokal Jimny antara Suzuki Indonesia dengan India. Komentar selanjutnya Donny hanya mendoakan agar Jimny tidak dirakit lokal di India.

“Kalau dari kami, moga-moga (Jimny) tidak diproduksi di India,” tukas dia singkat.

Jimny generasi terkini menjalani debut global di Jepang pada Juli 2018. Indonesia baru meluncurkan dan menjualnya pada Juli 2019, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).


Kapasitas produksi Jimny di Jepang tidak bisa memenuhi derasnya permintaan pasar global. Alhasil, indennya mengular di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pemesanan Jimny di Tanah Air sudah ditutup sejak September 2019 karena alasan tersebut, tapi tetap ada yang memaksa masuk daftar tunggu.

Suzuki Indonesia sendiri punya pabrik di tiga lokasi. Pabrik-pabrik mereka terletak di Cakung (Jakarta), Tambun (Bekasi), maupun Cikarang (Bekasi). Model-model yang dirakit adalah Carry, APV, Ertiga, XL7 dan Karimun Wagon R. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar