India Siap Produksi Suzuki Jimny Pada Tahun 2022

Berita Otomotif

India Siap Produksi Suzuki Jimny Pada Tahun 2022

NEW DELHI – Maruti Suzuki semakin agresif untuk bisa memproduksi Jimny di negaranya.

Tak tanggung-tanggung, Suzuki Motor bahkan dikabarkan akan menjadikan India sebagai negara produsen Jimny lima pintu. Mobil tersebut nantinya akan diproduksi di fasilitas produksi Maruti Suzuki di Gurgaon.

Rencananya, Komponen-komponen kendaraan masih akan diimpor dan dirakit di India. Kemudan, perlahan akan menggunakan komponen lokal. Bahkan, pada tahun 2022 atau 2023, diharapkan komponen kendaraan sudah lebih banyak menggunakan produk lokal.

Suzuki Motor sendiri dikabarkan telah melakukan pembicaraan dengan supplier komponen kendaraan di India dalam 6 bulan terakhir. Hal ini harus dilakukan untuk memastikan komponen kendaraan dapat diproduksi dengan lancar dan tanpa kendala.

Saat ini Suzuki Motor hanya memproduksi Jimny di Jepang. Kemampuan produksinya pun sat ini hanya 50.000-55.000 unit Jimny setiap tahun. Setelah unit India mulai memproduksinya, volume diharapkan melonjak tiga kali lipat.

Rebutan dengan Indonesia


Pada Agustus 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan bahwa pihaknya telah meminta kepada Suzuki Motor untuk memproduksi Suzuki Jimny di pabrik mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Langkah ini dilakukan karena banyaknya permintaan Suzuki Jimny di Tanah Air.

Donny Saputra yang ketika itu masih menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT. SIS menegaskan bahwa memang ada persaingan antara India dan Indonesia untuk memproduksi Jimny. Persaingan pun diklaim cukup ketat.

“India dan Indonesia mengajukan untuk produksi Jimny. Kita gontok-gontokan dengan India,” tegasnya.

Donny tidak menjelaskan seberapa besar kans pabrik kendaraan penumpang Suzuki di Cikarang, Bekasi untuk mengalahkan rayuan dari India. Pabrik ini sekarang hanya memproduksi Ertiga. Suzuki masih punya pabrik di Tambun, tapi hanya untuk van serta mobil komersial ringan. Ada satu lagi pabrik di Cakung, Jakarta yang memproduksi komponen.

Suzuki sendiri sangat kuat di India, berdasarkan penelusuran Mobil123.com, Suzuki bisa meraup setengah dari pasar kendaraan penumpang di negeri Hindustan. Profil konsumen Jimny di Indonesia dan India sendiri berbeda. Di Nusantara, pembeli Jimny lebih ke perorangan (retail).

“Di Indonesia itu Jimny lebih ke retail. Kalau di India fleet (korporasi/institusi). Seperti tentara, polisi, dan lain-lain,” jelas Donny. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar