Begini Tampilan Suzuki Jimny Kalau Diceperin Sampai Hampir Sentuh Aspal

Berita Otomotif

Begini Tampilan Suzuki Jimny Kalau Diceperin Sampai Hampir Sentuh Aspal

NEW YORK – Suzuki Jimny generasi terbaru yang merupakan kendaraan off-road dimodifikasi habis-habisan oleh seorang warganet menjadi ceper.

Jimny superceper tersebut, menurut Carscoops baru-baru ini, masih dalam bentuk desain. Penggubahnya adalah pemilik akun media sosial Behance bernama Les83Machines.

Les83Machines menyebutnya sebagai ‘Resu Jimny Ratrod’. Ratrod sendiri merupakan salah satu aliran dalam modifikasi dengan ciri-ciri utama antara lain merendahkan ground clearance mobil secara ekstrem, juga memberikan ban dengan penampakan yang cukup menonjol jika dibandingkan dengan bodi.

Ya, sport utility vehicle (SUV) legendaris Suzuki ini diceperkan hingga bodinya terlihat hampir menyentuh tanah. Untuk menjadikannya seperti itu, keempat ban harus dibikin menyembul keluar bodi dengan memperpanjang suspension arm.

Untuk menimbulkan kesan elegan dan sporty, desain pelek dibikin benar-benar tertutup alias tanpa palang. Warnanya pun hitam legam.

Modifikasi tersebut bagi sebagian orang mungkin akan terlihat keren. Akan tetapi, perubahan ekstrem pada ground clearance, kaki-kaki, pelek, serta ban bakal memapas habis kemampuannya menjelajah medan off-road, yang sebenarnya menjadi salah satu karakter dari Jimny.

Jimny generasi termutakhir menjalani debut global di Jepang pada 5 Juli 2018. Sang pabrikan membuatnya dalam dua varian yaitu Jimny bermesin 0.66-liter turbo khusus bagi pasar ‘Negeri Sakura’ serta Jimny Sierra bagi pasar global, termasuk Indonesia.

Kendaraan tersebut baru meluncur di Nusantara pada Juli 2019, dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Seperti juga di banyak negara lain, indennya mengular dengan jangka waktu yang sangat tak masuk akal yaitu hingga puluhan tahun di kota-kota besar.

Bagi yang ingin cepat, unitnya sudah tersedia di pedagang mobil bekas. Akan tetapi, harganya sudah lebih mahal daripada membeli di dealer resmi.

Agen pemegang merek Suzuki di negeri ini pun mengajukan permohonan perakitan lokal Jimny. Namun, mereka mendapatkan saingan berat yaitu Suzuki India yang memiliki volume produksi luar biasa besar. Hingga kini, belum diketahui bagaimana perkembangan terbaru dari keinginan Suzuki Indonesia.

Per Agustus 2020, harga on-the-road Jakarta Suzuki berkisar di Rp 382,5 – 398 juta. Ada empat tipe yang ditawarkan yakni MT Single Tone, AT Single Tone, MT Dual Tone, AT Dual Tone. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar