Strategi Unik Peugeot Indonesia untuk Gaet Orang Kaya Baru

Berita Otomotif

Strategi Unik Peugeot Indonesia untuk Gaet Orang Kaya Baru

JAKARTA – Peugeot Indonesia memperlihatkan strategi yang cukup unik di awal 2020. Taktik ini dilancarkan demi menggaet orang-orang kaya baru yang bersiap naik tingkat, dari sebelumnya memiliki mobil mahal bermerek Jepang ke segmen mobil premium Eropa.

Strategi unik Peugeot terlihat dari kehadiran varian anyar SUV 3008 dan 5008 yang bernama Allure Plus. Varian ini berbanderol lebih rendah ketimbang satu varian sebelumnya yakni GT Line, tapi malah berfitur lebih mentereng serta canggih seperti Active Lane Keeping Assist.

Umumnya, harga lebih mahal akan diiringi dengan fitur lebih banyak dan canggih. Tapi, merek yang kembali 'bangun dari tidur' sejak 2018 ini malah melakukan sebaliknya. Apa pemikiran di balik itu?

Rokky Irvayandi, Chief Executive Officer PT. Astra International – Peugeot Sales Operation (AI – PSO), menjelaskan bahwa jika diuraikan, profil konsumen mobil premium bisa dibagi menjadi dua. Pertama adalah konsumen yang sudah berada di segmen premium dan telah mempunyai mobil mewah, sedangkan yang tipe konsumen kedua adalah yang baru ingin memiliki mobil mewah pertama.

“Kami menyebutnya ‘new-entry luxury segment,” ucap Rokky menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam peluncuran 3008 dan 5008 Allure Plus belum lama ini di Jakarta.

Tipe konsumen pertama, lanjut mantan eksekutif Daihatsu Indonesia ini, lebih melihat merek, tampilan, dan kenyamanan saat ingin menambah mobil mewah. Fitur masih penting, tapi bukan lagi pertimbangan nomor satu.

“Nah, mereka yang baru naik ke segmen premium ini nomor satu mementingkan fitur, nomor dua merek, lalu harga. Harga masih jadi satu hal penting bagi orang-orang yang baru mau naik kelas dari segmen high ke segmen premium,” paparnya.

3008 dan 5008 GT Line sendiri memang lebih mempunyai penampakan lebih sporty dengan two tone body colour dan desain pelek 18 incinya. Sementara, 3008 dan 5008 Allure Plus berpenampilan lebih elegan dengan one tone colour plus desain pelek 18 inci berbeda.

Perbedaan ada pada sisi dimensi maupun fitur. Varian Allure Plus berdimensi lebih bongsor sehingga kabin lebih lega.

Fitur yang eksklusif ada di 3008 maupun 5008 Allure Plus cukup banyak. Ada Electric Front Power Seats plus Full Leather Seats, Active Lane Keeping Assist, Blind Spot Information System, penambahan GPS Navigation pada layar sentuh 8 incinya, juga penambahan mode pada Digital Head-up Cluster Display.

Tapi ada beberapa fitur pada varian GT Line yang tidak ada di Allure Plus, seperti misalnya Seat Heater, Fragrance with 3 Options, Electric Child Safety Lock. Karena itu, Rokky menyebut dua varian ini sebenarnya setara, tidak ada varian terendah atau teratas.

Ia juga mengatakan bahwa harga lebih murah pada Allure Plus bisa terjadi karena varian ini bisa diimpor utuh dari Malaysia sehingga tanpa bea masuk. Varian GT Line, di sisi lain, masih dari Prancis yang tak punya perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia.

“Sebagian besar dari mereka yang sudah ada di segmen premium akan memilih GT Line. Mungkin ada yang ke Allure Plus tapi lebih sedikit. Sementara itu, orang-orang yang mau naik ke kelas premium, target kami adalah mereka memilih Allure Plus,” tukas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support