Peugeot: Sokongan Grup Astra Modal Kami Kuat Bertahan di Indonesia

Berita Otomotif

Peugeot: Sokongan Grup Astra Modal Kami Kuat Bertahan di Indonesia

JAKARTA – Peugeot mengaku sokongan dari PT. Astra International (Grup Astra) menjadi modal utama mereka kuat bertahan di masa lalu dan di masa yang akan datang.

Peugeot dua tahun belakangan kembali bergerak di pasar otomotif Indonesia setelah lama ‘tenggelam’. Sebelum itu, penjualan mereka menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia 2016 dan 2017 bahkan tak sampai 50 unit.

Pada 2018, mereka menata ulang jenis dan jumlah produk di Indonesia dengan meluncurkan SUV 3008. Dengan satu model tersebut, penjualan menjadi 139 unit.

Pada 2019, manajemen baru dibentuk. SUV 5008 juga meluncur di tahun yang sama.

“Kami yakin pada tahun ini bisa finis di angka (penjualan) 125 – 130 unit,” ujar Fredy Jeo, Head of Sales PT. Astra International – Peugeot Sales Operation (AI – PSO) pada Senin (19/11/2019) di Menara Astra, Jakarta.

Jumlah ini meleset dari target 150 unit yang pernah pernah disebutkan Roky Irvayandi, Chief Executive Officer AI – PSO dalam wawancara terbatas pada akhir Mei. Akan tetapi, ketika itu prediksi pasar mobil nasional masih 1,1 juta unit, belum terkoreksi menjadi 1 juta unit sebagai dampak tahun politik dan cukup banyaknya demonstrasi.

Lebih lanjut, Fredy mengaku dukungan Grup Astra sangat besar terhadap eksistensi Peugeot di Nusantara. Sokongan bisnis raksasa Indonesia ini membuat mereka bisa bertahan di tengah penjualan teramat minim.

“Kalau misalkan bukan karena Grup Astra, mungkin Peugeot enggak (bertahan) sampai saat ini. Kita, kan, sudah lihat banyak merek luar yang bukan di grup kami lalu pergi,” tandas dia.

Pabrikan otomotif terakhir yang melakukan itu adalah General Motors. Produsen roda empat asal Amerika Serikat yang menjual produk merek Chevrolet di Indonesia itu akan minggat pada Maret 2020, menyusul rekan senegara Ford yang melakukannya pada  awal 2016.

Sokongan Grup Astra ini pula yang membuat Peugeot berani memberikan garansi terlama di antara para pemain asal Eropa lainnya. Merek asal Prancis ini memberikan garansi lima tahun, dengan program gratis servis 5 tahun pula.

“Satu-satunya merek mobil Eropa di Indonesia dengan garansi dan gratis servis 5 tahun adalah kami. Kami berani berikan garansi 5 tahun dan gratis servis 5 tahun karena kami enggak ada niat untuk pergi,” tegasnya.

Peugeot kini punya  lima dealer di Sunter, Serpong, Cilandak, Solo, Surabaya. Mereka tahun ini akan membenahi tampilan maupun kualitas layanan sesuai target segmen baru yang mereka incar—konsumen yang baru naik kelas dari mobil Jepang ke Eropa, sebelum membangun lebih banyak jaringan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support