Serius Tantang Royal Enfield, Honda Luncurkan CB350 RS

Berita Otomotif

Serius Tantang Royal Enfield, Honda Luncurkan CB350 RS

NEW DELHI – Honda India meluncurkan CB350 RS untuk menjegal peredaran Royal Enfield yang terus menggurita di negara Bollywood tersebut.

Satu tahun sebelumnya, Honda India mencoba peruntungan dengan meluncurkan H’Ness (dibaca Highness). Bukan kaleng-kaleng, produk berlambang Sayap Mengepak tersebut meraih penghargaan sebagai motor retro yang memiliki gaya otentik.

Namun Honda nampaknya masih belum puas dengan gelar tersebut. Kali ini mereka menyematkan embel-embel CB yang legendaris dan dipadukan dengan RS seperti banyak ditemukan pada mobil-mobil berlogo H.

Honda CB350 RS dikatakan masuk ke golongan scrambler, sementara di beberapa negara gaya seperti ini disebut sebagai Café Racer. Dikatakan bahwa motor baru Honda India ini fokus pada gaya berkendara. Mengendarai motor ini, posisi tubuh pengendara akan lebih condong ke depan berkat setang atau alat kemudi yang lurus.

Motor ini menggunakan knalpot dengan desain baru namun masih menganut konsep lama. Knalpot ini kental akan aksen klasik namun terdapat sentuhan modern dari ornamen krom.
Honda CB350 RS

Bicara gaya, Honda CB350 RS diberikan permainan warna. Konsumen bisa memilih warna solid baru atau dwiwarna. Semua pilihan warna mendapatkan padanan hitam pada mesin, gearbox, knalpot dan beberapa komponen lain seperti jok serta mudguards. Meskipun motor bergaya klasik, namun untuk urusan pencahayaan seluruhnya telah menggunakan LED.

Motor ini menggunakan mesin 348 cc satu silinder berpendingin udara yang dipercaya bisa menghasilkan daya 21 hp dan torsi puncak 29 Nm. Sumber daya kendaraan tersebut disalurkan melalui transmisi manual lima-percepatan dan adanya slipper clutch untuk memudahkan seluruh proses perpindahan gigi.

Fitur yang disematkan pada motor ini meliputi bluetooth yang memungkinkan penggunanya terhubung melalui smartphone. Adapun hubungan tersebut didukung dengan perangkat yang dinamakan Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS).
Honda CB350 RS 2021

Honda CB350 RS juga dilengkapi dengan kontrol traksi HSTC (Honda Selectable Torque Control). Fitur ini mampu mencegah terjadinya selip pada ban belakang. Fitur ini baru saja disematkan pada produk Honda Indonesia yakni PCX 160 2021.

Honda CB350 RS dipasarkan dengan harga Rs 196.000 off-the road atau sekitar Rp 37.5 juta. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar