Honda CB1000R Naked Bike yang Makin Hard-core

Berita Otomotif

Honda CB1000R Naked Bike yang Makin Hard-core

JAKARTA – Honda terus membenahi CB1000R dengan tampilan yang terinspirasi dari model Café Racer dengan fitur-fitur yang lebih baik dari sebelumnya.

Honda CB1000R terakhir kalinya mendapat ubahan total pada 2018. Sepedamotor model sport naked ini terus dikembangkan, guna membuat tampilan kendaraan layaknya streetfighter nan hard-core.

Motor ini dikembangkan dengan fokus untuk mengejar kesenangan dalam berkendara. Kuda besi ini juga hadir dengan sejumlah teknologi terkini yang senantiasa membuat para penggunanya terlibat dalam suatu emosi yang sama dengan kendaraan.

Honda CB1000R 2021 kini tampil lebih agresif dengan menonjolkan subframe alumunium yang mudah terlihat. Beberapa sentuhan pada radiator shrouds dan airbox cover menambah motor semakin berotot.

Lampu depannya juga mengalami ubahan pada bingkai dan terdapat garis tepi berupa LED DRL. Melirik ke bawah, tampilan motor ini diperkuat dengan rancang bangun terbaru pada rumah roda atau biasa disebut velg.
Honda CB1000R 2021
Honda CB1000R hadir dengan panel meter TFT screen full color dengan dimensi 5 inci. Selain menampilkan berbagai infomasi umum seputar mesin seperti pada umumnya, layar ini juga terkoneksi dengan Honda Smartphone Voice Control (HSVC).

Fitur terakhir disebut mampu mengatur beberapa perintah pada smartphone seperti melakukan panggilan, menerima panggilan masuk, email, music dan navigasi tentunya. Konektivitas ini mengandalkan teknologi bluetooth dan seluruh pengaturannya terdapat pada switch sebelah kiri stang motor.

Sebagai motor berbodi besar, Honda CB1000R dibekali dengan mesin 998 cc DOHC empat-silinder. Motor ini dipercaya mampu menghasilkan daya maksimum 143 hp pada 10.500 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 104 Nmpada 8.250 rpm.
Mesin Honda CB1000R 2021

Mesin dengan rasio kompresi sebesar 11.6 : 1 ini dikatakan mampu digeber hingga 11.500 rpm. Sementara maksimalnya mencapai 12.000 rpm. Honda melakukan pengembangan pada sistem PGM-FI motor ini sehingga bisa mengantarkan daya lebih responsif namun tetap halus. Honda CB1000R dikatakan telah menyandang status lolos EURO5.

Honda merancang mesin motor ini untuk lebih galak pada putaran mesin 6.000 hingga 8.000 rpm. Hal ini dimaksudkan untuk para penggunanya melakukan akselerasi lebih stabil dan berguna saat hendak mendahului kendaraan lain.

Secara teknis motor ini digerakkan seluruhnya oleh kabel. Artinya semua proses berkendara diatur melalui sistem elektronik. Konsumen bisa memilih tiga besaran sumber daya kendaraan yakni P (Power), EB (Engine Brake) dan HTSC (Honda Selectable Torque Control (HSTC).
Honda CB1000R 2021
Kuda besi bertubuh besar ini memanjakan penggunanya dengan mode berkendara Rain, Standard, Sport dan User.Pilihan mode ini membuat berkendara lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Tersedia pula assist/slipper clutch yang memudahkan konsumen dalam berakselerasi. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar