Semua Peserta MotoGP 2021 Diberi Vaksin Covid-19

Berita Otomotif

Semua Peserta MotoGP 2021 Diberi Vaksin Covid-19

DOHA – Pemerintah Qatar menyediakan vaksin covid-19 untuk semua peserta MotoGP 2021 mulai dari pembalap, kru mekanik hingga jurnalis.

Berbeda dengan ajang Formula 1 yang menolak pengadaan vaksin untuk para pesertanya, Dorna menyambut baik tawaran dari Pemerintah Qatar. Dilansir dari situr MotoGP.com, semua peserta ajang balap motor paling populer di dunia tersebut akan menerima suntikan vaksin pertama.

Qatar sendiri diketahui telah menjalankan program vaksinasi secara signifikan pada tiga bulan pertama 2021. Berbekal dengan kesuksessan tersebut, mereka menawarkan vaksinasi yang sama untuk seluruh peserta MotoGP 2021.

Gelaran MotoGP 2021 sendiri akan mulai digelar di sirkuit Losail pada 26 – 28 Maret 2021 dan 2 – 4 April 2021. Sebelumnya telah berlangsung sesi tes pramusim pekan kemarin. Seluruh pembalap telah mulai menguji beberapa komponen baru dari motornya.

Qatar dan Dorna sendiri telah bekerja sama sejak 2004. Namun sebagai penyelenggara, Qatar baru menjadi tuan rumah pada 2007 dan menjadi seri pembuka. Sirkuit Losail juga menjadi satu-satunya tempat yeng menyelenggarakan balapan pada malam hari.
MotoGP 2021

Mundurnya beberapa sirkuit penyelenggara akibat kasus covid-19 yang meningkat, membuat Losail akan menggelar balapan sebanyak dua kali. Mereka menggantikan sirkuit COTA, Austin, Texas yang diundur waktu penyelenggaraannya.

Losail juga mengambil jatah Malaysia sebagai penyelenggara tes pramusim. Pemerintah Malaysia sempat tarik ulur sebagai penyelenggara tes pramusim karena tingginya pengidap virus corona di negaranya.

Sesi tes pramusim di Qatar sendiri masih menerapkan keamanan yang super ketat. Jumlah kru yang masuk ke dalam paddock dibatasi dan masih tanpa kehadiran penonton seperti musim lalu. Bahkan musim lalu gelaran kelas MotoGP yang menjadi inti dari acara ditiadakan atas alasan keamanan.

Dengan segala risikonya, Pemerintah Qatar menawarkan vaksin kepada seluruh peserta rombongan MotoGP 2021. Harapannya, seluruh peserta dapat dipastikan aman hingga berlanjut ke seri-seri selanjutnya.

Belum diketahui secara pasti kapan vaksin tersebut akan diberikan. Karena usai tes pramusim akhir pekan kemarin, para pembalap telah bertolak ke negaranya masing-masing. Sementara rider Moto2 dan Moto3 akan tiba di Losail pada 17 – 18 Maret untuk menjalani tes pramusim pada 19 – 21 Maret 2021. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar