Yamaha Rilis Motor dan Formasi Baru MotoGP 2021 Tanpa Rossi

Berita Otomotif

Yamaha Rilis Motor dan Formasi Baru MotoGP 2021 Tanpa Rossi

JAKARTA – Yamaha untuk pertama kalinya setelah delapan tahun merilis sepedamotor barunya tanpa seorang Valentino Rossi.

Tim asal Jepang tersebut memperkenalkan livery dan formasi terkini. Seperti diketahui bahwa Valentino harus didepak dari tim pabrikan karena kalah mengilap prestasinya dibandingkan Fabio Quartararo. Penggusur Rossi dari tim pabrikan ini beberapa kali menghadirkan persaingan ketat dan seru terhadap Marc Marquez di musim 2019.

Valentino sendiri meskipun harus duduk di tim satelit, namun dijanjikan mendapat motor yang sama dengan pembalap pabrikan. Meskipun hal tersebut terdengar sangat sulit untuk direalisasikan, bahkan sang pembalap sendiri tidak bisa memboyong seluruh kru timnya ke Petronas SRT.

Tim Monster Energy Yamaha kini mengandalkan skuat duo pembalap muda bertalenta. Maverick Vinales yang berusia 26 tahun dan Fabio yang lebih muda 5 tahun. Keduanya diharapkan bisa membawa pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut kembali ke jalur kesuksessan seperti dahulu kala.

Yamaha meraih gelar Juara Dunia MotoGP terakhir kalinya pada 2015 lewat tangan Jorge Lorenzo. Sejak saat itu, Yamaha hanya meraih beberapa kemenangan tanpa hadirnya gelar juara. Bahkan musim lalu, dua pembalap pabrikan Yamaha keok dan meraih hasil paling buruk semasa karirnya masing-masing baik Vinales dan Rossi.
Yamaha MotoGP
“Dari sudut pandang sebuah tim, kami memiliki Fabio yang lebih muda. Bersama Maverick, kami memiliki modal kuat yakni superstar yang cepat dan berpotensi untuk menang. Kami sangat antusias, tapi kami juga yakin bahwa strategi ini akan berjalan sempurna,” ucap Lin Jarvis, Race Director Yamaha.

Tanggapan soal Rossi

Boss Yamaha tersebut juga menyoroti keberadaan Vale di tim Satelit. Ia mengatakan bahwa meskipun telah berpisah paddock, namun diyakini pemilik nomor start 46 itu masih akan memberikan kontribusi penuh.

“Kami senang Valentino melanjutkan kerja sama dengan pabrikan Yamaha. Artinya dia akan terus berkontribusi untuk Yamaha, hanya saja berada di paddock sebelah. Saat pertama kali ke trek, dia yang berada di sebelah tentunya akan membuat bingung dan tidak lazim,” tutur Lin kemudian.

Ia juga menyatakan Valentino akan bekerjasama baik dengan Franco Morbidelli. Tim Petronas SRT Yamaha diyakini akan mengurus Rossi dengan baik selama satu musim penuh. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar