Saking Kuatnya, AC Supercar Ini Sanggup Dinginkan 1 Apartemen

Berita Otomotif

Saking Kuatnya, AC Supercar Ini Sanggup Dinginkan 1 Apartemen

JAKARTA – AC (Air Conditioner/penyejuk udara) milik Bugatti Chiron punya kekuatan yang cukup untuk menyejukkan satu apartemen ukuran kecil.

AC memang sudah menjadi salah satu kelengkapan pada mobil sejak 80 tahun lalu. Akan tetapi, tidak semua AC sama.

Contohnya saja yang ada pada Bugatti Chiron maupun model-model turunannya. Teknologi penyejuk udara pada mobil superkencang itu, seperti dilaporkan Carscoops beberapa waktu lalu, mampu mendinginkan apartemen seluas 80 meter persegi.

Kemampuan tersebut antara lain berkat kompresor AC dengan kapasitas pendinginan hingga 10 kilowatts atau 13 hp plus dua kondensor. Mobil ganas satu ini juga punya jalur pendinginan sepanjang 9,5 meter dengan kompresi coolant setara bobot 3 kg, dari tekanan 2 – 30 bar per menit.

Semua tentu bukan untuk keren-kerenan, tapi demi memecahkan segala rintangan yang ada. Soalnya, mendinginkan kabin Chiron tak semudah mobil-mobil pada umumnya.

Julia Lemke, insinyur yang telah bekerja untuk Bugatti selama empat tahun, menjelaskan bahwa perpaduan desain, tenaga besar, dan kecepatan tinggi pada kendaraan tersebut menimbulkan kerumitan pada sistem pendinginan. Udara tidak bisa masuk ke interior semudah pada mobil-mobil konvensional.

Umumnya udara luar bisa masuk kabin dengan mudah saat mobil melaju, tapi di Chiron hal ini baru bisa terjadi pada kecepatan 250 km per jam ke atas. Karena itulah, para insinyur Bugatti menempatkan lagi ram air flap tambahan plus blower yang telah dioptimasi demi merekayasa alur udara pada sistem pendinginan.

Kondisi kabin secara alami juga cepat memanas akibat kaca depan yang relatif datar ketimbang mobil-mobil standar, dengan inklinasi 21,5 derajat. Ini menciptakan permukaan kaca yang besar, dengan luas 1,3 meter persegi atau hampir dua kali dari mobil-mobil kebanyakan.

Melalui sistem pendinginan kabin eksepsional, Bugatti ingin memastikan orang-orang di dalam Chiron tetap selalu merasa nyaman walau suhu di luar sedang tinggi-tingginya akibat musim panas, mesin bekerja dengan keras dan aerodinamika kendaraan selalu mengalirkan udara dari depan ke belakang bodi semulus plus secepat mungkin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar