Jam Seharga Rp 8 Miliar Ini Dibuat untuk Rayakan Rekor Bugatti

Berita Otomotif

Jam Seharga Rp 8 Miliar Ini Dibuat untuk Rayakan Rekor Bugatti

NEW YORK – Harga jam bisa jauh lebih mengejutkan dari harga mobil. Salah satu buktinya adalah jam tangan terbaru Jacob & Co yang dibuat untuk merayakan rekor dunia supercar Buggati ini.

Jam bernama Jacob & Co Twin Turbo Furious tersebut berpotensi membuat Anda mengelus dada. Pasalnya, uang yang harus dikeluarkan untuk membelinya mungkin saja tak akan pernah Anda lihat seumur hidup.

Harga sebuah Twin Turbo Furious, menurut Motor1 pada Selasa (16/6/2020), mencapai 580 ribu dollar AS (sekitar Rp 8,19 miliar). Ini adalah salah satu koleksi terbaru dari lini ‘Grand Complication Masterpieces’ dari merek perhiasan serta jam tangan asal Amerika Serikat tersebut.

Jacob & Co membuat Twin Turbo Furious untuk merayakan rekor milik prototipe Bugatti Chiron Super Sport 300+ pada tahun lalu. Supercar tersebut adalah mobil pertama di dunia yang bisa melampaui kecepatan puncak 300 mil per jam (490,484 km per jam).

Chiron Super Sport 300+ rencananya baru akan diproduksi pada 2021. Jumlahnya kelak hanya 30 unit di seluruh dunia.

Harganya adalah tak kalah mencengangkan, yaitu 3,5 juta euro (Rp 56 miliar) sebelum pajak.

Sistem penggerak Chiron Super Sport 300+ nantinya mengandalkan mesin bensin W16 8.0-liter.  Muntahan tenaganya mencapai 1.600 hp, lebih besar 100 hp dari Chiron ‘standar’.

Bugatti dan Jacob & Co memiliki benang merah. Keduanya merupakan merek yang amat premium di sektornya masing-masing.

18 Buah
Sama dengan supercar yang menginspirasinya, Twin Turbo Furious juga dibuat terbatas. Jacob & Co hanya membuatnya sebanyak 18 unit.

Twin Turbo Furious adalah jam dengan proses pembuatan yang amat kompleks. Namun, bentuknya sangat sporty.

Misalnya saja rangka berbentuk asimetris miliknya yang dibuat dari carbon plus titanium hitam yang ditempa. Material ini dipilih untuk menyamakan warnanya dengan warna bodi Chiron Super Sport 300+.

Kemudian, mekanisme kerjanya melibatkan gerak yang rumit dari 832 komponen kecil. Ada pula dua buah triple-axis tourbillon dari titanium hitam plus decimal repeat repeater, fitur yang hanya dimiliki oleh sedikit jam di dunia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar