Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga Toyota Belum Naik Meski Rupiah Melemah

Berita Otomotif

Harga Toyota Belum Naik Meski Rupiah Melemah

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (PT TAM) menegaskan bahwa pihaknya masih belum berencana untuk menaikkan harga dari mobil-mobilnya.

Penguatan Dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah menyebabkan sejumlah APM mengambil langkah untuk meningkatkan harga jual kendaraannya. Namun, PT TAM memilih untuk mempertahankan harga jual mobil khususnya pada Toyota Rush.

“Memang tidak bisa dihindari nilai tukar juga mempengaruhi biaya produksi tapi kami selalu berusaha agar dampak ke konsumen seminim mungkin. Toyota tidak selalu langsung (menaikkan harga), kami melihat kondisi dulu,” ungkap Henry Tanoto, Vice President PT TAM.

Ia pun menjelaskan bahwa kenaikan harga tidak hanya dipengaruhi satu faktor saja seperti nilai tukar rupiah. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi harga sebuah produk seperti biaya logistik, strategi marketing, segmentasi konsumen dan sebagainya.

“Yang pasti, harga produk selalu kami sesuaikan dengan segmentasi konsumen. Kami ada filosofi sendiri untuk harga sebuah produk,” tambahnya.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, saat ini pihaknya belum melihat alasan untuk meningkatkan harga mobil, khususnya Toyota Rush.

“Tidak akan ada yang naik. Karena kalau kenaikannya masih kecil, masih bisa kami cover. Lain bila kenaikannya sudah sangat tinggi. Kenaikan dolar biasanya bersifat sementara. Belakangan ini juga sudah terbukti akan turun lagi di angka Rp 13 ribuan,” ungkapnya.

Tercatat saat ini (5/6) nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah 8 poin ke level Rp 13.878 per dolar AS dari posisi pembukaan perdagangan Rp 13.870 per dolar AS. Pelemahan rupiah sejak awal tahun tercatat sebesar 2,35 persen. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang