Riset Mengatakan Pengemudi di Inggris Memaki Tiap 4 Km

Berita Otomotif

Riset Mengatakan Pengemudi di Inggris Memaki Tiap 4 Km

LONDON – Sebuah studi terbaru di Inggris menghasilkan temuan yang unik. Ternyata, pengemudi-pengemudi di sana rata-rata mengeluarkan makian akibat kondisi lalu lintas setiap beberapa kilometer (km).

Studi tersebut, seperti dikabarkan Carscoops pada akhir pekan ini, disponsori oleh Hyundai. Adapun riset dilakukan terhadap 2.000 pengemudi.

Berdasarkan hasil studi, orang-orang umumnya mengeluarkan kata kotor setiap 2,5 mil atau sekitar 4 km. Dengan jarak tempuh rata-rata setiap orang mencapai 373 mil (600 km) per bulan, artinya ada sekitar 150 makian per orang setiap bulan hanya dari aktivitas berkendara.

“Menarik sekali mengetahui pola pikir para pengemudi melalui riset  yang digelar sebagai bagian dari kampanye Clean Driving Month (Bulan Tanpa Memaki) agar mereka membawa kendaraan dengan lebih santun,” ujar Slyvie Childs, Senior Product Manager Hyundai Inggris.

Menurutnya, berkendara santun tak hanya akan berdampak pada diri sendiri. Pengaruhnya sampai kepada gaya berkendara, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil yang digunakan, sampai potensi reduksi kecelakaan lalu lintas.

Studi juga memperlihatkan bahwa sembilan dari 10 orang dewasa di ‘Negeri Ratu Elizabeth’ terbiasa memaki sambil berkendara. Namun, 61 persen orang tua lebih condong untuk menjaga mulut saat berkendara ketika anak-anak atau kakek-nenek si kecil ada di dalam mobil. Kalau pun sedang kesal, makian mereka dipelesetkan dengan istilah yang lebih ‘aman’ di telinga anak-anak. Karena dipelesetkan, kata makian juga tak terlalu bermakna jelas seperti ‘fudging hell’ atau ‘what a plonker’.

Penelitian juga ingin mengetahui hal-hal seperti apa yang paling membuat pengemudi meradang sampai memaki. Ternyata, peringkat pertama adalah ‘jalur yang dipotong oleh pengemudi lain’.

Sayangnya, penelitian semacam ini belum pernah terdengar di Indonesia khususnya Jakarta. Jika dilakukan, mungkin hasilnya bakal menggemparkan mengingat para pengguna jalan di sini sering tidak disiplin.

Belok tiba-tiba tanpa memberitahu lewat lampu sein, menerabas lampu merah, memotong jalur kendaraan lain secara serampangan adalah sesuatu yang kerap terlihat di jalanan Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar