59 Persen Pengguna Internet Indonesia Tonton Video Online Sebelum Beli Mobil

Berita Otomotif

59 Persen Pengguna Internet Indonesia Tonton Video Online Sebelum Beli Mobil

JAKARTA – Google melakukan penelitian bersama dengan TNS, untuk mempelajari perilaku konsumen Indonesia dalam melakukan pembelian mobil, khususnya pengguna internet.

Seperti kita ketahui bahwa membeli sebuah kendaraan, terutama mobil merupakan investasi besar. Jika melihat pada faktanya, 74 persen calon konsumen membutuhkan waktu 2 bulan sebelum menentukan pilihannya.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang di Indonesia, menunjukkan fakta-fakta menarik. Terlihat bahwa jika dibandingkan tahun sebelumnya, pencarian melalui internet baik mobile atau komputer, mengalami peningkatan.

Selain itu, ditemukan bahwa lebih dari setengah pengguna internet menonton video online sebelum, menentukan pilihan. Penelusuran melalui situs Youtube oleh calon konsumen meningkat 1.6 kali, dibandingkan tahun sebelumnya.

“Meningkatnya popularitas video menunjukkan bahwa produsen otomotif di Tanah Air, harus memastikan setiap produk yang ditawarkan, dapat ditemukan oleh pengguna internet. Adapun konten paling favorit adalah fitur dan teknologi, review interior dan eksterior, serta safety test,” ucap Yudistira Adi Nugroho, Industri Analist Google Indonesia, di Jakarta (27/03/2018).

Dikatakan bahwa selain konten, riset ini juga mengungkapkan pengguna internet di Indonesia, menonton video online untuk meyakinkan diri mereka. Sebanyak 82 persen responden menyatakan melihat video untuk memperkuat keputusan mereka.

Toyota Indonesia selaku produsen otomotif di Tanah Air, telah melakukan beberapa langkah terkait trend digitalisasi. Sementara manufaktur asal Jepang tersebut, memiliki video yang cukup populer di situr Youtube.

“Kami sadar bahwa bahwa perubahan era digital ini. Kami juga telah melakukan beberapa upaya terkait digitalisasi. Di dunia yang serba digital seperti saat ini, kata kuncinya adalah reach dan engagement,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manajer PT Toyota Astra Motor (TAM) di tempat yang sama.

Disebutkan bahwa video online all-new Toyota Rush yang menampilkan fitur dan teknologi SUV tersebut, telah ditonton oleh pengguna internet sebanyak 9 juta kali, dalam dua bulan saja. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support