Review Spesifikasi BMW X5 Baru dan Bekas

Berita Otomotif

Review Spesifikasi BMW X5 Baru dan Bekas

BMW X5 terbaru resmi diperkenalkan dengan spesifikasi mumpuni, gaya yang semakin menarik dan fungsional. Mobil yang telah dirakit secara lokal di Tanah Air ini membuat harga yang ditawarkan semakin kompetitif.

Mobil jenis SAV (Sport Activity Vehicle) atau lebih dikenal SUV (Sport Utility Vehicle) ini dirakit di pabrik mereka di BMW Production Network 2, Gaya Motor Sunter Jakarta Utara. Ditawarkan dalam satu varian saja yakni xDrive40i xLine, mobil yang mendapat sebutan The Boss dipasarkan dengan harga Rp 1,771 miliar (on-the road Jakarta).

Eksterior BMW X5

BMW X5 terbaru hadir dengan dimensi yang lebih besar dari pendahulunya. Panjangnya saat ini mencapai 4.922 atau hampir lima meter dan lebih panjang 36 mm dari generasi sebelumnya.

Lebarnya mencapai 2.004 mm atau selisih 66 mm dari sebelumnya dan ketinggian mobil juga ditambah menjadi 1.745 mm dari 1.716 mm. Bertambahnya dimensi kendaraan juga memberikan ruang lebih untuk jarak sumbu roda menjadi 2.975 mm.

Dengan bertambahnya wheelbase atau jarak sumbu roda, tentunya akan bertambah juga kenyamanan dalam kabin. Hal ini biasanya akan berimbas pada leg room yang lebih lapang terutama pada penumpang di baris kedua.

Tampilan terbaru kendaraan berjuluk the boss satu ini mengalami perombakkan total. Setidaknya desainnya kali ini lebih dinamis dan kian kuat dengan unsur-unsur modern.

Sebagai salah satu ciri khas baru dari BMW adalah bentuk grille yang cukup besar. Dua grille besar model kidney ini bak sebuah tameng atau gerbang yang menyambung di bagian tengah.

Grille X5 kali ini mengikuti milik Seri 7 yang memiliki fungsi membuka dan menutup bilah, sesuai dengan kebutuhan mesin. Fitur ini juga diklaim mampu meningkatkan fungsi aerodinamis kendaraan, terutama saat sedang dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sistem buka-tutup bilah pada grille tersebut dinamakan Active Air Stream. Adapun dalam prosesnya bilah akan terbuka saat kendaraan melaju pelan dan membutuhkan asupan udara lebih banyak. Sementara ketika tengah berakselerasi, bilah tersebut tertutup untuk mendapatkan aerodinamis kendaraan lebih baik.

Teknologi penerangan yang diaplikasikan pada X5 terbaru juga telah diterapkan sebelumnya pada model-model terdahulu BMW. Manufaktur asal Jerman ini menggunakan lampu berteknologi laser yang dipadukan dengan Adaptive LED dan Selective Beam.

Lampu jenis ini dikatakan lebih terang dari model sebelumnya dan mampu menyinari hingga jarak 500 meter. Meskipun memiliki daya pendar yang cukup jauh, namun pihak BMW menyatakan lampunya tersebut tidak menyilaukan bagi pengendara di  jalur berlawanan arah.

Penggunaan lampu jenis LED juga diterapkan pada bagian belakang kendaraan. Sementara bentuk lampu belakangnya kini terlihat lebih dinamis dan elegan, membuat siapapun yang melihatnya akan merasa terpesona.

Mengusung bodi yang besar, BMW X5 xDrive40i xLine memiliki bodi yang tidak rumit desainnya. Setidaknya hanya tampak dua tarikan garis yang tidak terlalu tegas pada bagian samping kendaraan.

Sementara pada kap mesin hanya ada dua tekukan tegas, ditambah dua tekukan halus yang menyiratkan sebuah otot yang kekar terdapat di dalamnya.

Mobil berperawakan gagah ini menggunakan ban depan dengan profil 275/45 dan belakang 305/40. Lalu velgnya mengusung bahan alloy, dengan desain model V-Spoke Style 738 Ferric Grey dan diameter sebesar 20 inci.
Review BMW X5

Pintu belakang BMW X5 terbaru ini masih mengaplikasikan sistem terbuka dua bagian. Sistem ini cukup populer di SUV-SUV buatan Amerika Serikat karena memang lebih fungsional.

Tidak hanya sampai disitu, Pintu bagian bawahnya kini dilengkapi dengan motor penggerak. Menjadi lebih menarik lagi, pintu belakang mobil ini dapat terbuka dengan meletakkan kaki di bawah bumper, tidak lagi mengandalkan gestur.

Interior BMW X5 xDrive

Masuk ke dalam kabin BMW pasti akan menemukan desain interior khas mobil premium dengan berbagai fitur mutakhir. Bahasa desain kabin sudah lazim pada unit BMW pada umumnya karena sudah menjadi ciri khas the Bavarian.

Namun pada unit X5 terbau kali ini, mereka menyematkan aksen kayu yang lebih terang dari sebelumnya. Aksen kayu tersebut dapat dilihat jelas pada bagian dasbor hingga trim pintu dan konsol tengah.

Lalu ornamen kayu tersebut disandingkan dengan list berkelir silver di samping-sampingnya sehingga menguatkan kesan klasik. Seluruh komponen yang ditanamkan pada ruang kabin kendaraan, dikatakan menggunakan material berkualitas tinggi.
Spesifikasi BMW X5

Salah satu contohnya adalah kulit Vernasca yang membalut seluruh jok, trim pintu hingga dasbor. Bagian atap SAV ini terdapat kaca besar yang dinamakan panoramic glass roof, adapun dimensinya lebih besar 30 persen dari sebelumnya.

Guna mendukung mood dari para penggunanya, BMW menawarkan ambient lights dengan 11 warna pilihan. Sehingga baik pengendara maupun penumpang bisa menikmati setiap perjalanan dengan nyaman.

Sebagai SUV, mobil ini memiliki ruang yang cukup lapang tidak hanya untuk manusia namun juga barang. Dengan konfigurasi jok belakang 40 : 20 : 40, konsumen lebih leluasa dalam memuat barang di dalam kabin.

Dalam kondisi jok terbuka, kapasitas kargonya sebesar 645 liter. Sementara saat joknya direbahkan, kapasitas kargonya menjadi sangat luas mencapai 1.860 liter.

BMW X5 sDrive ini juga memiliki kompartemen yang cukup banyak di beberapa bagian. Hal ini memudahkan pengemudi hingga penumpang dalam menyimpan barang – barang bawaan yang berukuran kecil.

Fitur BMW X5

Sama seperti edisi sebelumnya, BMW X5 terbaru juga dibekali dengan slot untuk mengisi ulang daya smartphone secara nirkabel. Terletak di bagian konsol tengah kendaraan, slot ini tidak hanya dapat mengisi daya smartphone, namun untuk kunci pintar dari kendaraan itu sendiri.

Pada dasbor, terdapat dua layar besar yang memiliki fungsi sebagai panel meter dan BMW Live Cockpit Professional. Komponen yang terakhir disebut memiliki fungsi layar sentuh dan menggunakan sistem operasi 7.0.

Kedua layar berukuran sama yakni 12.3 inci dan untuk head unit, menu-menunya yang berjumlah sepuluh halaman dapat diatur sesuai selera. Adapun untuk mengatur beberapa fungsi dari head unit, bisa dilakukan melalui kendali di alat kemudi.
Interior BMW

Selain mengatur fungsi audio dan beberapa perangkat pendukungnya, tombol-tombol di alat kemudi juga bisa untuk mengatur voice control dan tentunya cruise control. Kini fungsi voice control disempurnakan lagi dengan adanya fitur Hey BMW, termasuk hadirnya fitur gesture control yang gerakannya ditambah.

Fitur Hey BMW sendiri kini bisa menjalankan beberapa fungsi seperti menyalakan pendingin ruangan, mengganti warna ambient kabin dan masih banyak lagi.

Urusan hiburan, konsumen dapat menikmati alunan musik dengan suara yang ciamik, berkat BMW HiFi Loudspeaker berjumlah 10 unit dan sebuah amplifier 205 W. Sementara itu, penumpang belakang dimanjakan dengan layar sentuh 10.2 inci dengan fungsi BluRay dan koneksi HDMI.

Nah pada bagian belakang, selain akses pintu yang telah dipermudah, konsumen juga masih dimanjakan dengan suspensi yang dapat diatur ketinggiannya. Setidaknya terdapat lima pengaturan ketinggian suspensi belakang dengan jarak pertambahan mencapai 80 mm.

Dari segi keselamatan, BMW X5 terbaru dipersenjatai dengan fitur kantung udara depan, curtain head, bagian sisi dan lutut. Lalu adapula ABS (Anti-lock Braking System) CBC (Cornering Brake Control), Pullaway assistan, braking readiness, dry braking, sabuk pengamatan tiga titik termasuk Belt Tensioner dan Force Limiter.

Mereka juga masih menyematkan fitur keselamatan lain seperti ISOFIX, Dynamic Braking Lights, Attentiveness Assistant, indikator ban semacam TPMS (Tire Pressure Monitoring System), dan sensor hujan.

Sistem Berkendara BMW X5

Seperti telah disebutkan di atas, BMW X5 terbaru didukung dengan berbagai fitur modern yang mutakhir. Hal ini tentunya membuat pengendalian dalam berkendara semakin aman dan nyaman di setiap petualangan.

Dalam berkendara sendiri, mobil ini dilengkapi dengan mode berkendara Eco Pro dan Sport. Lalu pengemudi juga dibantu oleh fitur Driving Stability Control (DSC) saat melintasi medan offroad khususnya.

Sistem tersebut di atas berfungsi menjaga traksi ban pada medan jalan dan mengaturnya secara tepat untuk keempat ban. Fitur itu mampu mengurangi torsi berlebih pada ban sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya insiden selip.

BMW X5 kini dilengkapi dengan fitur Parking Assistant yang bisa dipergunakan untuk parkir mundur atau pararel. Mereka juga menyediakan Reversing Assistant dan bantuan kamera belakang.

Dengan berbekal dua fitur di atas, pengendara tidak perlu lagi khawatir saat melakukan manuver saat parkir. Terlebih bodi BMW X5 yang terbilang cukup gambot akan menjadi lebih mudah dikuasai saat parkir di ruang sempit sekalipun.

Saat di perjalanan sendiri, BMW juga memberikan beberapa fitur keselamatan yang dijamin mampu membuat seluruh orang di dalamnya merasa nyaman. Fiturnya antara lain Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Front Collision Warning dengan Brake Intervention dan Automatic Hold Function.

Spesifikasi Mesin BMW X5

BMW memasarkan X5 terbaru dalam satu varian saja yakni xDrive40i. Di balik kap mesinnya terdapat mesin 3.0-liter 6-silinder segaris twin-turbo, valvetronic dan double Vanos.

Jantung mekanis kendaraan tersebut diklaim mampu memuntahkan daya sebesar 340 hp pada 5.500 – 6.500 rpm. Lalu torsi puncak dari kendaraan ini diklaim mencapai 450 Nm pada 1.500 – 5.200 rpm.
Mesin BMW X5

Berdasarkan klaim pabrikan, hasil output dari kendaraan ini meningkat 36 hp dan torsinya juga meningkat 50 Nm, dari edisi sebelumnya. Dibantu dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan, akselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 5.5 detik.

BMW X5 Bekas

Untuk konsumen yang tengah mencari unit X5 bekas, pada laman pencarian Mobil123.com terdapat setidaknya lebih dari 200 unit. SUV asal Jerman ini dipasarkan rata-rata dalam kondisi yang masih prima, tergantung tahun pembuatan.

Untuk calon konsumen yang mencari unit BMW X5 bekas termurah, bisa mendapatkan mobil buatan 2004. Kendaraan buatan tahun segitu dipasarkan dengan harga paling murah Rp 145 juta.

Sementara jika ingin membeli X5 dengan tahun yang lebih muda, bisa meminang buatan 2008 ke atas. Adapun mobil buatan tahun segitu diniagakan mulai dari Rp 239 juta, kembali sesuai dengan kondisi kendaraan.
Harga BMW Bekas

BMW X5 versi terdahulu juga memiliki varian diesel namun sudah menggunakan penggerak empat roda alias xDrive. Untuk BMW X5 3.0 xDrive30d bekas buatan 2013 dipasarkan dengan harga Rp 405 juta.

Jika konsumen menginginkan BMW X5 bekas tahun muda bisa melirik unit yang ditawarkan oleh Autopoint. Unit berkelir putih lansiran 2020 ini ditawarkan dengan harga 1.595 miliar. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar