Resep Mengemudi Irit Bahan Bakar

Berita Otomotif

Resep Mengemudi Irit Bahan Bakar

JAKARTA – Mengemudikan mobil dengan teknik khusus bisa membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Pada dasarnya penggunaan bahan bakar sebuah kendaraan sangat bergantung dari pengendara. Karakter dari pengendara akan sangat berpengaruh dengan boros atau tidaknya penggunaan bahan bakar. Maka dari itu, teknik berkendara yang akrab dinamakan eco driving mutlak diperlukan untuk meningkatkan efisiensi.

Dengan menerapkan teknik eco driving, pengguna kendaraan juga memiliki peluang lebih kecil terhadap terjadinya kecelakaan. Selain itu, eco driving juga merupakan salah satu bentuk kepedulian yang nyata akan lingkungan lebih hijau.

Innova Community (IC) belum lama ini menggelar kampanye eco driving yang dinamakan Sekolah Kaki Kanan Innova Community. Kampanye ini diharapkan bisa memberikan teladan bagi masyarakat untuk mengurangi polusi kendaraan.

“Sekolah kaki kanan Innova Community, merupakan kampanye yang kami lakukan sebagai bentuk kepedulian akan keselamatan dan pengurangan polusi di jalan. Hal ini sejalan dengan kegiatan go green yang kami lakukan setiap tahunnya,” ucap Nugraha Reza, Ketua Umum Innova Community.
Eco Driving
Eco driving dikatakan sebagai salah satu keahlian dalam berkendara, gabungan dari berkendara secara aman dan pengendalian emosi defensive driving. Langkah awal dalam melakukan eco driving adalah pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Hal ini dilakukan agar mendapat hasil yang optimal. 

Berikut adalah prinsip dasar Eco Driving

  • Pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin (mobil transmisi manual)
  • Sedapat mungkin pertahankan kecepatan antara 80-100km/jam atau rpm dibawah 2000 untuk bensin dan 1800 untuk mesin diesel.
  • Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu dan mendadak.
  • Akselerasi dan memperlambat kendaraan dengan lembut.
  • Matikan mesin bila tidak diperlukan atau berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik (kecuali di perempatan dengan kondisi lampu lalu lintas berwana merah)
  • Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar.
  • Memeriksa tekanan ban sangat penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi. Ban yang kempis dapat menghambat laju dan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros. [Dew/Ari]


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar