Shell Eco-marathon Drivers World Championship Diikuti Mahasiwa Indonesia

Berita Otomotif

Shell Eco-marathon Drivers World Championship Diikuti Mahasiwa Indonesia

JAKARTA - Shell, akan menggelar kompetisi baru bertajuk Shell Eco-marathon Drivers World Championship (SEM DWC) khusus untuk kategori mobil UrbanConcept yang digerakkan oleh mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine).

Kompetisi ini akan digelar pada 3 Juli 2016 di Queen Elizabeth  Olympic Park, London.  Kompetisi baru ini untuk pertama kalinya ini akan diselenggarakan pada Shell Eco-marathon Eropa (SEME) yang akan berlangsung sejak 30 Juni – 03 Juli 2016.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Shell Eco-marathon, tim-tim mahasiswa dari seluruh dunia akan berkumpul dan bertarung dalam ajang balap mobil UrbanConcept untuk menemukan mobil paling cepat dan paling hemat di dunia.

Tiga tim mahasiswa Indonesia yaitu Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI), Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tim-tim yang diundang untuk bisa mengikuti ajang balap mobil SEM DWC ini.

Haviez Gautama, GM External Relation PT Shell Indonesia mengatakan bahwa tantangan pada kompetisi ini akan semakin sulit karena para mahasiswa ditantang untuk menciptakan mobil yang paling cepat mencapai garis finish sekaligus paling hemat dalam penggunaan bahan bakar. Jumlah bahan bakar yang digunakan pada balap Shell Eco-marathon DWC akan ditentukan oleh hasil terbaik dalam kualifikasi SEM Eropa.

Di SEM Eropa yang  diselenggarakan di Queen Elizabeth  Olympic Park, London, Inggris nanti,  ketiga tim asal Indonesia ini serta tim peserta lainnya dari berbagai wilayah harus mengikuti babak kualifikasi Shell Eco-marathon DWC.

Kualifikasi ini mensyaratkan lolos uji inspeksi teknis, lolos uji kualifikasi SEM  Eropa  (yaitu tiga kali kesempatan mencoba mobil UrbanConcept di lintasan  SEM Eropa dengan dua  kali mencapai garis finish secara sah),  serta mobil harus bisa menyamai 90% catatan rekor yang dicapai tim di SEM di wilayahnya masing-masing. Tetapi para peserta dari luar Eropa seperti Tim Sadewa ini tidak akan ikut berlomba di  ajang Shell Eco Marathon Eropa (SEME) yang juga berlangsung di lokasi yang sama.

“Kami berharap bahwa ketiga tim mahasiswa Indonesia bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan berusaha memenuhi berbagai ketentuan baru yang sangat berbeda di ajang balap Shell Eco-marathon DWC pada Juli mendatang,” ungkap Haviez Gautama, GM External Relation PT Shell Indonesia. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support