Replika Mobil Pertama di Dunia Hadir di Museum Nasional

Berita Otomotif

Replika Mobil Pertama di Dunia Hadir di Museum Nasional

JAKARTA – Museum Nasional, Jakarta punya ‘pertunjukan’ baru hingga sepekan ke depan yang tampaknya bakal amat menarik bagi penggila otomotif. Di sana, sedang terpajang replika mobil pertama di dunia.

Mercedes-Benz, pada Sabtu (8/2/2020), mendonasikan replika dari mobil pertama di muka bumi yaitu Benz Patent-Motorwagen kepada tempat yang juga dikenal sebagai ‘Museum Gajah’ ini. Sejak hari itu sampai dengan Sabtu (15/2/2020), kendaraan tersebut akan dipajang dalam pameran sementara bertajuk ‘Perjalanan menuju 50 Tahun Kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia’.

Donasi maupun pameran tersebut adalah salah satu cara merayakan 50 tahun hadirnya Mercedes-Benz secara resmi di pasar otomotif Tanah Air. Hal ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat mengenai sejarah transportasi dunia maupun Nusantara.

“Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya mengedukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya. Oleh karena itu, kami bangga untuk merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upayanya dalam bidang pendidikan serta budaya transportasi,” ucap Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) melalui keterangan pers.

Benz Patent-Motorwagen
Menurut pabrikan asal Jerman tersebut, pada 29 Januari 1886 Carl Benz sebagai salah satu pendiri Mercedes-Benz mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga pertama yang kemudian dikenal sebagai Benz Patent-Motorwagen. Hari itu kemudian ditetapkan secara resmi sebagai hari kelahiran mobil pertama di dunia.

Pada rentang waktu yang sama, Gottlieb Daimler juga sedang membangun kendaraan bermotor roda empat pertama sejagad raya. Setelah bekerja secara terpisah, dua orang inilah yang kemudian bekerja sama dan akhirnya menginisiasi merek Mercedes-Benz yang kita kenal.

Sebagai informasi, merek ini terdiri dari dua suku kata. ‘Benz’ berasal dari nama belakang Carl, sedangkan ‘Mercedes’ merupakan nama putri Gottlieb.

Lebih lanjut, Benz Patent-Motorwagen memiliki mesin 954 cc satu silinder empat langkah berdaya 0,44 Kw (0,59 hp) di 400 rpm. Desainnya sudah terdiri dari beberapa komponen yang masih ada di mobil modern seperti kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik, sistem pendinginan air. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support