Mobil Sudah Hadir Sejak 130 Tahun Lalu

Berita Otomotif

Mobil Sudah Hadir Sejak 130 Tahun Lalu

JAKARTA - Mobil mungkin adalah sesuatu yang sangat biasa kita lihat setiap hari. Tapi tahukah Anda, eksistensi mobil kini telah mencapai 130 tahun sejak pertama kali dipatenkan oleh Carl Benz.

Carl Benz diketahui memegang paten di Kantor Paten Jerman yang terdaftar pada 29 Januari 1886. Dokumen paten milik insinyur kelahiran Mannheim itu pun menjadi dokumen penting sejarah.

Dokumen itu masuk dalam Memory of the World Program yang digagas oleh UNESCO bersama dokumen sejarah penting lain seperti Magna Carta, Alkitab Gutenberg dan Johann Sebastian Bach, Mass in B Minor.

Mobil roda-tiga buatan Benz melakukan penampilan publik pertama pada 3 Juli 1886 di depan kerumunan penonton yang terpesona di Mannheim. Dua tahun kemudian, Benz Model III melakukan perjalanan jarak jauh pertama.

Dan yang cukup menarik, bukan Carl Benz yang mengendarai mobil itu, tapi istrinya Bertha Benz bersama dua anak mereka. Bertha mengendarai mobil pertama dari Mannheim ke Pforzheim untuk menunjukkan kehandalan mobil berjalan jarak jauh.

Di sisi lain, ada Gottlieb Daimler yang secara independen membangun mobil pertama dengan mesin pembakaran internal, juga pada tahun 1886. Keduanya lalu bersatu dan menciptakan merek Mercedes-Benz yang hidup sampai hari ini.

Paten mobil Benz pertama didukung oleh mesin 4-tak dengan silinder tunggal. Kapasitas mesinnya 954 cc dengan kekuatan hanya 0,75 tenaga kuda. Kecepatan mobil itu mencapai 16km/jam. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual