Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Sudah Hadir Sejak 130 Tahun Lalu

Berita Otomotif

Mobil Sudah Hadir Sejak 130 Tahun Lalu

JAKARTA - Mobil mungkin adalah sesuatu yang sangat biasa kita lihat setiap hari. Tapi tahukah Anda, eksistensi mobil kini telah mencapai 130 tahun sejak pertama kali dipatenkan oleh Carl Benz.

Carl Benz diketahui memegang paten di Kantor Paten Jerman yang terdaftar pada 29 Januari 1886. Dokumen paten milik insinyur kelahiran Mannheim itu pun menjadi dokumen penting sejarah.

Dokumen itu masuk dalam Memory of the World Program yang digagas oleh UNESCO bersama dokumen sejarah penting lain seperti Magna Carta, Alkitab Gutenberg dan Johann Sebastian Bach, Mass in B Minor.

Mobil roda-tiga buatan Benz melakukan penampilan publik pertama pada 3 Juli 1886 di depan kerumunan penonton yang terpesona di Mannheim. Dua tahun kemudian, Benz Model III melakukan perjalanan jarak jauh pertama.

Dan yang cukup menarik, bukan Carl Benz yang mengendarai mobil itu, tapi istrinya Bertha Benz bersama dua anak mereka. Bertha mengendarai mobil pertama dari Mannheim ke Pforzheim untuk menunjukkan kehandalan mobil berjalan jarak jauh.

Di sisi lain, ada Gottlieb Daimler yang secara independen membangun mobil pertama dengan mesin pembakaran internal, juga pada tahun 1886. Keduanya lalu bersatu dan menciptakan merek Mercedes-Benz yang hidup sampai hari ini.

Paten mobil Benz pertama didukung oleh mesin 4-tak dengan silinder tunggal. Kapasitas mesinnya 954 cc dengan kekuatan hanya 0,75 tenaga kuda. Kecepatan mobil itu mencapai 16km/jam. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang