Mercedes-Benz Kirim Mobil Baru Kepresidenan Jokowi Bulan Ini

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Kirim Mobil Baru Kepresidenan Jokowi Bulan Ini

JAKARTA – Mercedes-Benz segera mengirimkan S 600 Guard sebagai mobil kepresidenan baru yang akan dipakai oleh Joko Widodo.

Pabrikan asal Jerman tersebut, di sela-sela seremoni pengenalan GLC dan GLE rakitan lokal, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang bersiap mengirim mobil kepresidenan teranyar. Mereka berencana mengirimkan sedan mewah tersebut dalam waktu dekat.

“Mengenai mobil presiden, sudah memasuki tahap akhir, tahap persiapan pengiriman. Jika tidak ada halangan apa pun, semoga akhir tahun ini sudah bisa. Tapi kami masih coba cocokkan jadwal dengan Sekretariat Negara mengenai pengirimannya. Tapi harusnya tidak lama lagi,” Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation and Product Management, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) di pabrik Wanaherang, Bogor.

Sekadar mengingatkan, Mercedes-Benz lagi-lagi memenangkan tender mobil kepresidenan. Hal ini diumumkan melalui keterangan tertulis pada Agustus kemarin.

Mercedes-Benz mengalahkan rival terbesar mereka, BMW di dalam tender. Pabrikan premium terbesar dunia asal Jerman tersebut akan menyediakan dua unit S 600 Guard untuk menjadi kendaraan dinas pasangan Presiden dan Wakil Presiden 2019 – 2024, Jokowi – Ma’ruf Amin.

S 600 Guard bakal menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya, S 600 Pullman Guard. Adapun kendaraan dinas lama orang nomor satu dan nomor dua di Indonesia ini sudah dipakai sejak 2007 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jokowi sendiri baru saja dilantik untuk menjalani periode keduanya 20 Oktober lalu di Gedung Nusantara MPR RI. Karena mobil kepresidenan terbaru masih dipersiapkan, ia bersama Ma’ruf Amin yang menggantikan Jusuf Kalla masih datang ke tempat pelantikan dengan menggunakan mobil dinas lawas.

Di samping pengadaan mobil kepresidenan, negara pada tahun ini juga melakukan pengadaan mobil menteri serta pejabat setingkat menteri. Pemenangnya adalah raksasa bisnis Indonesia, PT. Astra International (AI).

Mereka pun mengamanatkan PT. Toyota Astra Motor, joint venture AI dengan Toyota Motor Corporation, mendistribusikan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Model tersebut diimpor langsung secara utuh dari Jepang. Toyota telah menyatakan tidak akan meladeni pihak-pihak yang ingin memesannya, walaupun mereka mempunyai cukup uang untuk membelinya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support