Mengintip Spesifikasi Mobil Pertama di Dunia yang Ada di Museum Nasional

Berita Otomotif

Mengintip Spesifikasi Mobil Pertama di Dunia yang Ada di Museum Nasional

JAKARTA – Replika mobil pertama di dunia yang hadir hingga pekan depan di Museum Nasional ternyata tak sekuno kelihatannya. Masih ada sistematika atau komponen yang masih terlihat di mobil-mobil modern.

Seperti diberitakan sebelumnya, replika mobil pertama di dunia yaitu Benz Patent-Motorwagen bakal terpajang di Museum Nasional pada 8 – 15 Februari 2020. Kendaraan tersebut didonasikan oleh Mercedes-Benz, untuk merayakan eksistensi resmi mereka di Tanah Air sejak 50 tahun lalu.

Benz Patent-Motorwagen resmi ‘lahir’ ke bumi pada 29 Januari 1886. Pada tanggal yang sudah ditetapkan secara resmi sebagai hari terciptanya mobil pertama sejagad ini, Carl Benz mendaftarkan paten kendaraan bermotor roda tiga yang ia ciptakan di Berlin.

Sekadar informasi, Benz adalah salah satu pendiri Mercedes-Benz. Ia membentuk merek ini bersama dengan Gottlieb Daimler, yang pada 1886 juga sedang membangun kendaraan bermotor beroda empat.

Benz Patent-Motorwagen sendiri, menurut keterangan resmi Mercedes-Benz yang diterima Mobil123.com, dipersenjatai mesin 954 cc berdaya puncak 0,59 hp pada putaran 400 rpm. Mesinnya berbobot 100 kg, yang tergolong amat ringan pada era tersebut.

Kerennya, mobil pertama di dunia hasil kreasi Benz punya sistematika serta komponen yang belum bisa benar-benar tergantikan pada mobil konvensional di era modern. Di antaranya adalah kru as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik, maupun sistem pendingin cairan.

Benz Patent-Motorwagen menampilkan bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser dengan gagang eksentrik, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram rem, pelatuk klep plus pushrod, serta menggunakan sistem pelumasan tetes. Kendaraan didesain dengan roda sangat besar terpasang secara horizontal pada sasis.

Desain ini bukan tanpa alasan. Benz ketika itu khawatir efek giroskopik dari pemasangan secara vertikal akan menggangu kemudi maupun stabilitas kendaraan.

Konsumsi BBM-nya mencapai 10 liter untuk 100 km. Adapun kapasitas tangkinya adalah 4,5 liter. Bahan bakar tercampur udara diproses melalui ‘permukaan’ atau karburator penguapan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support