Renault Tertarik Jadikan Triber Taksi Online

Berita Otomotif

Renault Tertarik Jadikan Triber Taksi Online

JAKARTA - Renault mengatakan mereka sangat tertarik memasukkan Triber ke segmen konsumen yang berprofesi sebagai pengemudi taksi online.

Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI), mengatakan taksi online adalah pasar luar biasa. Oleh karena itu, penetrasi Triber, sebagai mobil murah dengan perkiraan harga Rp 125 - 155 off-the-road, ke segmen tersebut adalah sesuatu yang ‘tak terhindarkan’.

“Tidak bisa dihindari, kami pasti suatu saat akan mempertimbangkan Triber untuk taksi online,” ucapnya beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Triber meluncur dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 - 28 Juli di Serpong Tangerang. Ada empat varian dengan enam tipe untuk pasar Tanah Air yaitu RXE MT, RXL MT, RXT MT, RXT AT, RXZ MT dan RXZ AT.

Kemunculan operator taksi online seperti Grab dan Go-Car di Indonesia memang membuka peluang baru bagi merek-merek roda empat, khususnya yang mempunyai mobil murah. Pasalnya, para pengemudi menggunakan mobil Rp 100 - 200 juta-an, khususnya dengan model multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Datsun Go+ Panca, maupun Toyota Avanza.

City car di segmen low cost green car (LCGC) menjadi ‘pemandangan’ terbanyak selanjutnya. Seperti misalnya Toyota Agya, Daihatsu Ayla.

Triber sebagai taksi online, menurut Davy. merupakan rencana masa depan. Meski demikian, belum ada pembicaraan maupun strategi spesifik untuk menyasar segmen itu.

Pasalnya, mereka sekarang mesti memikirkan terlebih dahulu distribusi untuk para konsumen retail.

“Kami, kan, juga harus mempertimbangkan suplainya juga. Kami harus memprioritaskan yang retail dulu. Tapi, enggak terlepas juga, soal taksi online itu betul. Sekarang kami sudah mulai berpikir bagaimana caranya masuk walau belum ada strategi spesifik,” paparnya.

Triber sendiri baru mulai dikirimkan ke konsumen pada Desember 2019. Itu pun baru untuk para pemesanan tipe manual.

Adapun tipe transmisi otomatis baru mulai didistribusikan pada April 2020. Meski demikian, 70 persen pemesanan Triber selama GIIAS 2019 malah disumbangkan oleh tipe ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support