Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Renault: Para Pembeli Pertama Triber Ternyata Tak Butuh-Butuh Banget Mobil

Berita Otomotif

Renault: Para Pembeli Pertama Triber Ternyata Tak Butuh-Butuh Banget Mobil

JAKARTA - Pemesanan Renault Triber malah lebih banyak untuk tipe transmisi otomatis yang meski pengirimannya baru dimulai pada April 2020. Melihat hal ini, mereka pun menilai para pemesan pertama mobil murah tersebut ternyata bukan pembeli mobil pemula yang amat membutuhkan kendaraan.

Triber merupakan mobil murah kedua Renault di Indonesia setelah Kwid. Model ini baru meluncur dan melakukan penjualan secara resmi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (2019) dengan masih menggunakan harga estimasi.

Pengirimannya sendiri baru terjadi cukup lama yaitu pada Desember 2019 untuk tipe transmisi manual. Sementara, tipe transmisi otomatis baru mulai didistribusikan pada April 2020.

Kendati begitu, eksekutif Renault mengaku terheran-heran karena Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) terkumpul untuk Triber jauh melebihi ekspektasi yaitu 1.033 unit. Lebih herannya lagi, sebagian besar dari mereka memesan tipe transmisi otomatis.

“Saya pikir yang terbanyak adalah tipe manual karena pengirimannya, kan, Desember. Tapi ternyata 70 persennya adalah tipe transmisi otomatis. Saya juga heran,” ucap Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) merespons pertanyaan Mobil123.com usai seremoni kerja sama Maxindo Nusantara Group dengan Garuda Indonesia, Rabu (31/7/2019) malam di Jakarta.

Mesin bensin Triber berkapasitas 1.0-liter dan kursi baris ketiga diklaim bisa memuat orang dewasa serta bersifat modular (bisa dicopot-pasang). Ada fitur-fitur seperti Keyless Entry, 4 airbag (pertama di segmennya), sensor parkir, sistem peringatan kecepatan, layar sentuh 8 inchi dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Bukan Pembeli Mobil Pemula
Capaian ini dianggap Davy sebagai tanda respons amat positif dari pasar Indonesia terhadap Triber. Ia juga menilai model tersebut, meskipun merupakan mobil di segmen murah, ternyata bisa diterima oleh pembeli mobil tambahan.

“Analisis saya terhadap fenomena ini, saya melihat Triber memang sangat diterima oleh semua kalangan, apakah kalangan menengah maupun menengah ke atas. Ini karena orang yang mau booking mobil, mau taruh uang Rp 3 juta, tapi baru menerimanya pada April 2020 pasti orang yang sudah punya mobil di rumahnya. Enggak butuh-butuh banget,” papar dia.

Davy sendiri menolak bahwa pembeli Triber di masa-masa awal kehadirannya merupakan tipe pembeli emosional. Ia menganggap bahwa mereka justru sangat rasional.

“Saya yakin mereka adalah orang-orang yang sudah sangat berpengalaman membeli mobil karena mereka pasti di rumahnya sudah punya mobil sehingga mereka tidak ada masalah tunggu April 2020. Tapi mereka pikir kalau tidak taruh order sekarang tapi tunggu November atau Desember mereka mungkin terimanya lebih jauh lagi,” tandasnya. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang