Fitur-Fitur MPV Murah Renault di India yang Mungkin Dibawa ke Indonesia

Berita Otomotif

Fitur-Fitur MPV Murah Renault di India yang Mungkin Dibawa ke Indonesia

JAKARTA - Renault Triber punya satu fitur konektivitas unggulan dan fitur keselamatan yang relatif lengkap jika dibandingkan dengan harganya yang terbilang amat murah.

Triber merupakan multi purpose vehicle (MPV) terbaru Renault yang baru saja resmi diperkenalkan di 'Negeri Hindustan' pada Rabu (19/6/2019) kemarin. Model ini sudah dipastikan akan pula diimpor secara utuh ke Indonesia, dengan seremoni yang bakal digelar dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

Berdasarkan penelusuran di situs resmi Renault India maupun berbagai media massa negara tersebut, Triber terlihat berpenampilan seperti city car Kwid yang dipanjangkan. Rangka bangunnya sendiri memang menggunakan milik kwid yakni platform modular CMF-A yang dipakai pula oleh Datsun RediGo.

Hanya saja, Triber memiliki sedikit diferensiasi pada grille maupun bemper depan, lampu depan, bonnet (hidung) berdesain sculpted clamshell, postur lebih tegak, plus roof rail. Mobil sepanjang 4 meter dengan kapasitas penumpang 5+2 ini dilengkapi pelek 14 inchi atau 15 inchi pada varian tertinggi.

Bicara sistem penggerak, Triber yang memiliki bobot 947 kg dipersenjatai mesin bensin 1.0-liter berdaya  72 hp di 6.250 rpm dengan torsi puncak 96 Nm di 3.500 rpm. Pasangannya adalah transmisi manual lima percepatan.

Adapun banderolnya di India mencapai 5,3 - 8 lakh. Ini setara Rp 116 - 160 juta.

Fitur Unggulan
Membicarakan fitur Triber cukup menarik. Saudara Kwid ini punya satu perangkat konektivitas yang cukup menonjol, bahkan jika dibandingkan dengan mobil-mobil low MPV di Indonesia yang kelak menjadi lawannya.

Fitur itu adalah layar sentuh 8 inchi dengan konektivitas smartphone termasuk melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Ada pula fitur-fitur keselamatan standar berupa dua airbag, rem ABS, sensor parkir dan sensor kecepatan.

Varian tertinggi punya senjata lebih lengkap. Amunisi itu adalah kamera mundur plus airbag lebih banyak.

Semua perangkat yang disebutkan di atas, Mobil123.com prediksi bakal dibawa ke pasar Indonesia. Ini karena agen pemegang Renault di Tanah Air mempromosikannya bakal unggul di kenyamanan serta keselamatan dan fitur-fitur yang terdata, khususnya di sektor keamanan, sebenarnya sudah cukup umum di kelas LMPV apalagi setelah kedatangan merek mobil China.

Kondisi tersebut sepertinya bakal masuk dalam pertimbangan pemain baru seperti Triber. Konsumen bisa lebih tergoda oleh mobil dengan harga selevel dengan mobil-mobil low cost green car (LCGC) seperti Calya - Sigra, namun memiliki daya tarik besar dari sisi kelengkapan fitur. Jika ternyata fiturnya tak jauh beda dengan LCGC, konsumen kemungkinan besar tidak akan meliriknya sama sekali.

Kenyamanan Triber bagi penumpang baris ketiga diusahakan lewat adanya AC vent, juga armrest pada kursi serta colokan USB. Kapasitas bagasi jika kursi baris dua dan tiga dilipas mencapai hingga 625 liter.

Transmisi Triber saat diperkenalkan di India hanya terdiri dari yang manual. Dengan waktu penyelenggaraan GIIAS 2019 yang semakin mepet, hampir bisa dipastikan hanya tipe girboks ini pula yang terlihat di Serpong.

Pada masa mendatang, Triber dikabarkan akan punya tipe mesin 1.0-liter turbo ditambah opsi transmisi automated manual transmission (AMT) 5 percepatan. Dapat dipastikan nantinya varian ini akan masuk pasar Indonesia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support