Putra Jokowi Bangun Pusat Pelatihan Mengemudi di Lahan Bekas Makam

Berita Otomotif

Putra Jokowi Bangun Pusat Pelatihan Mengemudi di Lahan Bekas Makam

JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka, Walikota Solo akan membuat Indonesia Safety Driving Center (ISDC) di Kota yang Ia pimpin.

Putra pertama dari Presiden Joko Widodo ini akan membangun ISDC di Kota Solo dengan memanfaatkan bekas pemakaman Pemakaman Mojo, Kecamatan Jebres. Ia pun mengatakan bahwa ISDC ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan mulai dari instruktur sekolah mengemudi, penguji SIM, pengemudi profesional, petugas Patwal dan PJR, juga para petugas yang mengatasi emergency atau SAR.

“Di lokasi ini akan dibangun ISDC. Jadi tempat belajar dan berlatih untuk para instruktur sekolah mengemudi. Kita berharap keberadaan ISDC nanti akan mewujudkan kepekaan dan kepedulian para pemangku kepentingan dalam mewujudkan dan memelihara keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran lalu lintas,” tegasnya.

Perlu diketahui bahwa ISDC merupakan pusat belajar, berlatih, penelitian dan pengembangan keselamatan mengemudi dan mengendarai kendaraan bermotor serta perilakunya. Selain itu ISDC juga berfungsi sebagai pusat pameran dan konferensi terkait road safety.

Tentunya semakin banyak ISDC yang tersebar di Indonesia akan semakin baik. Sayangnya saat ini, ISDC baru berada di Pusdik Lantas Serpong, Tangerang Selatan dan dibangun di lahan seluas 15 hektar. Di sini ada 150 master trainer yang telah dididik di dalam dan luar negeri dan diharapkan dapat menekan angka kecelakaan yang didominasi faktor pengemudi.

Korlantas dan IMI

Untungnya beragam langkah telag dilakukan untuk mengembangkan ISDC agar lebih baik lagi. Salah satunya adalah melalui kerjasama antara Korlantas Polri dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada 10 Marer 2021.

Kejasama ini dilakukan untuk mengelola dan menyelenggarakan ISDC di Tangerang sehingga ISDC bisa dimanfaarkan oleh kalangan yang lebih luas. Kakorlantas Polri Irjen Pol.Istiono MH mengatakan ada beberapa poin kerjasama yang disepakati salah satunya menyediakan tenaga pelatih untuk peningkatan mengemudi.

“Kita di support dari pembalap juga ada untuk memanfaatkan lahan ISDC. Selanjutnya kerjasama dalam pertukaran informasi, sosialisasi tertib berlalu lintas serta kampanye keselamatan berkendara. Bukan hanya pembalap saja yang ada, tapi teman teman automotif lain juga bisa. Termasuk pemanfaatan lahan ISDC yang ada di Polda,” pungkas Korlantas. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar