Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Polisi Gunakan Drone untuk Cek Suhu Badan Pengguna Jalan Saat Pandemik Corona

Berita Otomotif

Polisi Gunakan Drone untuk Cek Suhu Badan Pengguna Jalan Saat Pandemik Corona

JAKARTA – Mulai Senin 6 April 2020, Korlantas Polri menggelar Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19.

Ini merupakan Operasi Keselamatan yang merupakan upaya cipta kondisi pada pelaksanaan Operasi Ketupat pada musim mudik nanti. Namun, dalam operasi ini Korlantas juga melakukan pengecekan suhu tubuh pengendara dengan menggunakan drone.

Pemeriksaan suhu lebih fokus pada para pengemudi ojek online (ojol) di kawasan Senayan Jakarta. Hal ini karena pengendara ojek online berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya sehingga memiliki risiko tinggi untuk tertular dan menularkan Covid-19.

“Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2020, lebih mengedepankan upaya preventif dan preemtif. Ditengah pandemi Virus Covid-19 saat ini, operasi kita gelar dengan mengutamakan keselamatan dari bahaya virus covid-19, seperti yang kita lakukan saat ini dengan menggunakan drone,” terang Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., Kakorlantas Polri.

Tak hanya itu, penggunaan drone nantinya juga akan diperluas jangkauannya. Pihak Kepolisian telah mengincar beberapa lokasi dan tempat kerumunan akan menjadi sasaran pemeriksaan suhu menggunakan drone.

Selain mampu mendeteksi suhu tubuh pengendara, drone juga sudah dilengkapi dengan pengeras suara. Perlengkapan ini digunakan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat  terkait pentingnya menjaga jarak dengan orang lain.

“Alat ini sangat membantu kita, ini akan terus kita gunakan selama musim KLB, nantinya bila ada suhu tubuh di atas 38 derajat akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran virus covid-19,” pungkas Kakorlantas.

Hingga berita ini dibuat, sedikitnya sudah ada 2.491 orang dinyatakan positif. Dari jumlah tersebut, 209 orang meninggal dan 192 lainnya dinyatakan sembuh. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang