Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Canggihnya Drone yang Dipakai Polisi untuk Periksa Suhu Pengguna Jalan

Berita Otomotif

Canggihnya Drone yang Dipakai Polisi untuk Periksa Suhu Pengguna Jalan

JAKARTA – Dalam menjalankan Operasi Keselamatan 2020 terkait pandemi Virus Corona (Covid-19), Korlantas Polri memanfaatkan Thermal Drone.

Bila dibandingkan dengan yang lain, drone ini sudah dimodifikasi dan memiliki fitur thermal untuk mendeteksi suhu tubuh. Pada ketinggian 5-10 meter drone ini memiliki keakuratan dalam fitur thermal yang sangat baik atau hampir sempurna untuk mengetahui suhu tubuh seseorang di jalan raya.

Drone ini memiliki standar dalam pengecekan suhu tubuh, apabila masyarakat diperiksa di luar ruangan, suhu tubuh akan dikurangi satu derajat. Namun, jika pemeriksaan di dalam ruangan maka suhu tubuh akan ditambah satu derajat. Bila ada pengemudi yang terdeteksi di atas 38 derajat, akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19,” terang Irjen Istiono, Kakorlantas Polri.

Tak hanya itu, memiliki kemampuan untuk memeriksa suhu tubuh pengendara, drone juga sudah dilengkapi oleh speaker. Dengan demikian drone juga dapat memberi himbauan pada titik kerumunan massa. Sehingga langkah yang diupayakan sekaligus mendukung kebijakan mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

“Drone ini merupakan bagian dari operasi keselamatan yang dimulai hari ini sampai 19 april 2020. Drone nantinya akan difungsikan selama masa tangga darurat penanganan virus covid-19 selesai di Indonesia,” tambah Irjen Istiono.

DKI Jakarta resmi memberlakukan PSBB untuk menanggulangi Covid-19. Pelaksanaan PSBB akan mulai dilakukan pada tanggal 10 April hingga waktu yang belum dapat ditentukan. Meski demkian, hingga saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya memberi himbauan untuk melakukan Work From Home hingga tanggal 19 April 2020.

Jumlah penderita Covid-19 di Indonesia pun dikabarkan terus meningkat. Tercatat, hingga berita ini dibuat jumlah penderita Covid-19 telah mencapai 2956 orang. Dari jumlah tersebut baru 222 orang sembuh dan 240 orang dinyatakan meninggal dunia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang