Pertamina Tambah Pasokan BBM di Libur Natal dan Tahun Baru

Berita Otomotif

Pertamina Tambah Pasokan BBM di Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA – Pertamina mengantisipasi kenaikan permintaan bahan bakar minyak (BBM) di libur Natal dan tahun baru 2019 dengan menambah pasokan di pasar.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengumumkan pembentukan Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Naru). Mereka mulai aktif bekerja pada 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Beragam hal dilakukan Pertamina bersama Satgas Naru untuk mengamankan kebutuhan BBM dan LPG pada periode tersebut. Pertama, mereka menyiagakan 3.687 Stasiun Pengisian BBM Umum (SPBU) untuk bisa beroperasi penuh 24 jam.

Demi mengantisipasi kebutuhan pada masa puncak, Satgas Naru juga menyediakan fasilitas tambahan yakni 16 Mobil Dispenser, 24 Motor Kemasan, 31 KiosK Pertamax, 54 Buffer Tank BBM, serta 3,7 KL BBM Kemasan.

Menurut Mas’ud Khamid selaku Direktur Pemasaran Retail Pertamina, berbagai faktor seperti pertumbuhan perekonomian Indonesia yang mencapai 5,2 persen, cuti bersama, hingga libur akhir tahun bersamaan libur anak sekolah nantinya membuat kebutuhan BBM naik. Ini karena terdapat peningkatan konsumsi pada saat momen akhir tahun 2018.

Secara keseluruhan penyaluran BBM jenis gasoline (bensin) sebesar 99,7 ribu Kilo Liter (KL) atau naik 5,6 persen dari kondisi normal. Sementara, BBM jenis gasoil (untuk mesin diesel) naik sekitar 2,5 persen sebesar 41,2 ribu KL.

Satgas Naru Pertamina juga memprediksi permintaan tertinggi BBM terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018 dan Sabtu, 5 Januari 2019.

“Kami selalu siap melayani kebutuhan masyarakat dengan memaksimalkan penyaluran BBM. Agar perjalanan menuju tujuan berjalan lancar, Pertamina menghimbau untuk menggunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan,” ujar Mas’ud.

Pertamina memprediksi permintaan terhadap produk-produk BBM mereka akan mengalami peningkatan signifikan. BBM Pertamax yang digunakan kendaraan pribadi diperkirakan melonjak hingga 6 persen, sedangkan BBM beroktan paling tinggi Pertamax Turbo kemungkinan meningkat hingga 3 persen. Pertamina juga memproyeksikan pula kenaikan permintaan Pertamina Dex serta Dexlite masing-masing hingga 5 persen dan 26 persen.

“Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi tersebut, Satgas Naru Pertamina menambah pasokan dan volume penyaluran lebih tinggi dari kondisi normal,” pungkas Mas'ud. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar