Pertamina Maksimalkan Pemenuhan BBM di Jalur Mudik

Panduan Pembeli

Pertamina Maksimalkan Pemenuhan BBM di Jalur Mudik

CIKAMPEK - Pemudik dengan kendaraan pribadi tak perlu khawatir kehabisan stok BBM (bahan bakar minyak), meski sudah ada pemberlakuan One Way di tol Trans Jawa. 

Seperti diinformasikan sebelumnya, kebijakan ini sudah berjalan sejak jalan tol Jakarta-Cikampek di KM 69 sampai dengan Brebes Barat di KM 263. Tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi PT Pertamina (Persero) untuk mengantisipasi ketersediaan BBM baik dari sisi kiri maupun kanan jalan tol. 

Meski dipastikan padatnya kendaraan  bakal memangkas waktu perjalanan, kebutuhan BBM pasti tetap tinggi. Apalagi, ketika pemudik menemui kepadatan yang memaksa kendaraan melaju stop and go. Untuk itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III berinisiatif menambah pasokan BBM seiring dengan peningkatan. Konsumsi kebutuhan produk Pertamax series diperkirakan naik hingga 10% selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. 

Pertamina sudah menyiapkan cara demi kelancaran pasokan BBM apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat One Way. Mereka akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat untuk mengawal mobil tangki BBM masuk melalui pintu keluar serta penggunaan jalur contraflow.

Selain memenuhi kebutuhan SPBU regular, penambahan tersebut juga ditujukan untuk beberapa layanan khusus Pertamina selama Lebaran 2019. Dengan begitu, Pertamina menjamin ketersediaan BBM selama mudik kali ini.

Konsumen seperti Mega Anggraeni juga tidak perlu khawatir kehabisan bensin. Sebelumnya, Dia mengaku selalu mengingatkan sang suami untuk mengisi full tangki bensin sebelum memulai perjalanan. Cara tersebut selalu dilakukan dan menjadi kebiasaan setiap kali mudik karena Ia dan keluarga sempat nyaris kehabisan bensin di jalan. 

“Waktu mudik beberapa tahun lalu, kami terjebak macet panjang. Saya makin khawatir saat suami bilang bensin tinggal dua bar. Sementara saya lihat dari Google Maps, pom bensin masih jauh. Setelah saya ingat-ingat waktu itu bensin mobil tidak dalam kondisi full. Sejak kejadian itu kami selalu isi penuh bensin,” kata pemudik asal Bekasi, Jawa Barat ini.

Pemudik yang kami temui di sekitaran rest area tol Cikampek ini menyambut positif keberadaan tol Trans Jawa. Dengan begitu, dia berharap perjalanan mudiknya menuju Kediri, Jawa Timur akan lebih cepat. Namun, Mega beserta suami sangat mengapresiasi layanan baru dari Pertamina terkait terkait pemenuhan pasokan BBM di Tol Trans Jawa kali ini. 

“Pastinya akan sangat efektif buat pemudik seperti kami. Dengan begitu, mobil bisa diisi bensin tanpa harus menunggu sampai mau habis karena pasokannya banyak, ditambah ada titik-titk pengisian lagi,” kata Mega. 

Selain SPBU regular, Pertamina MOR III juga memasok BBM untuk unit pengisian yang memang sudah disiapkan untuk Lebaran 2019. Mulai dari Kios Pertamina Siaga, SPBU Modular hingga Mobile Storage di jalur One Way  tol Trans Jawa.  

Kios Kemasan Pertamina Siaga akan hadir di 8 titik baik di jalur kanan (Rest Area KM 86A, KM 102 A, KM 130A dan KM 207) maupun jalur kiri (Parking Bay KM 71 B, Rest Area KM 86 B, km 130B dan KM 208B). Di Kios Kemasan Pertamina Siaga tersebut juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga.

Kemudian, untuk SPBU Modular yakni SPBU Mini portabel berlokasi di 5 area yaitu Rest Area KM 86A, KM 130A dan KM 207A untuk jalur kiri serta Rest Area KM 86B dan KM 130B di jalur kanan. Sementara Mobile Storage yaitu SPBU kantong berupa mobil tangki pengangkut BBM disiagakan langsung di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Khusus tol Cipali, akan disiagakan 7 Mobile Storage untuk mengamankan suplai BBM. 

"Untuk mengisi BBM tidak hanya dilakukan di SPBU. Khusus arus mudik dan arus balik Ramadan ini, pemudik bisa memanfaatkan layanan Kios Kemasan Pertamina Siaga dan SPBU Modular yang kami sediakan di beberapa titik jalan tol maupun non tol," jelas Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami. 

Dewi menghimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (fulltank) kendaraannya sejak berangkat dan tiap menemui SPBU atau fasilitas pengisian lain walau tangki BBMnya baru berkurang sedikit. 

"Tidak perlu menunggu setengah kosong, jika ada SPBU kami berharap masyarakat langsung mengisi kembali tangki BBMnya supaya pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan," tambah Dewi.

Pertamina juga menyediakan tempat peristirahatan yang dinamai Rumah Pertamina Siaga (RPS). Tempat yang bisa ditemui di Rest Area KM 102 A dan Rest Area KM 228 ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti alat pijat, tempat shalat, taman bermain anak, ruang menyusui hingga tempat pengisian baterai (charging station). [M123]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support