Pertamina Targetkan BBM Satu Harga di 83 Titik Baru pada 2020

Berita Otomotif

Pertamina Targetkan BBM Satu Harga di 83 Titik Baru pada 2020

JAKARTA – Pertamina menargetkan penerapan BBM (Bahan Bakar Minyak) Satu Harga di 83 titik baru pada 2020.

Pada tahun yang diwarnai oleh pandemi virus Corona ini, Pertamina tetap bergerak untuk memperluas penerapan BBM Satu Harga. Pada tahun bershio tikus logam ini, target mereka adalah penambahan 83 titik baru.

“Kami optimistis dapat mencapai target tersebut pada tahun ini untuk memastikan ketersediaan energi (availability) hingga ke pelosok negeri dengan harga yang terjangkau (affordability),” ucap Fajriyah Usman, Vice Presiden Corporate Communication Pertamina melalui keterangan resmi yang diterima Mobil123.com pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, pada 2019, Pertamina mampu merealisasikan BBM Satu harga di 161 titik. Hal tersebut dicapai pada Oktober 2019, lebih cepat sekitar dua bulan dari target yaitu Desember 2019.

Sekadar mengingatkan, program BBM Satu Harga bertujuan untuk meratakan harga BBM di seluruh Indonesia agar masyarakat yang tinggal di wilayah 3T bisa merasakan harga BBM sesuai ketentuan Pemerintah. Melalui program ini, Pertamina menunjuk lembaga penyalur resmi di wilayah terpencil tersebut untuk dapat menyediakan Premium dan Solar sesuai harga yang diatur oleh pemerintah atau sama dengan yang dinikmati oleh masyarakat di kota besar.

Harga BBM yang lebih terjangkau diharap berdampak pada terjaganya harga-harga kebutuhan pokok lainnya, sehingga dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu wilayah yang telah merasakan BBM Satu Harga diantaranya adalah Papua. Salah satu wilayahnya kini menikmati Premium dan Solar dengan harga seperti di kota besar. Sebelumnya di sejumlah wilayah di Papua, harga BBM bisa mencapai Rp 70.000-100.000 per liter.

Sebanyak 83 titik tambahan BBM Satu harga pada 2020 kembali menyasar pulau-pulau di luar Pulau Jawa, mulai  dari mulai Sumatera hingga ke Papua. Adapun detailnya adalah Sumatera (13 titik), Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (21 titik), Kalimantan (13 titik), Sulawesi (7 titik), Maluku (15 titik) dan Papua (14 titik). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar