Harga BBM Pertamina Masih Sama Meski Harga Minyak Mentah Dunia Turun

Berita Otomotif

Harga BBM Pertamina Masih Sama Meski Harga Minyak Mentah Dunia Turun

JAKARTA – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina diputuskan belum berubah, walapun banderol minyak mentah dunia kini sedang turun.

Pertamina, melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, mengumumkan bahwa harga seluruh jenis BBM mereka belum dikoreksi. Ini antara lain mengacu pada kompetitivitas harga pada BBM Nonsubsisi maupun instruksi dari pemerintah untuk BBM Subsidi.

Secara merinci, setidaknya ada empat pertimbangan yang dikemukakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut terkait keputusan mempertahankan harga BBM saat banderol minyak mentah dunia anjlok. Pertama adalah harga BBM ditentukan tak hanya oleh satu faktor melainkan beragam pertimbangan misalnya harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, inflasi, dan lain-lain.

Perhitungan harga jual BBM Nonsubsidi dan Nonpenugasan ditetapkan Pertamina secara periodik bulanan dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran. Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Nonsubsidi. Sementara, harga BBM Subsidi atau Penugasan adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya,” papar mereka mengenai alasan kedua.

Alasan ketiga adalah bahwa pada Februari 2020 kemarin Pertamina telah menurunkan harga BBM. Sejauh ini, nilai yang mereka tawarkan kepada konsumen masih kompetitif atau lebih rendah daripada harga penjual BBM lainnya.

Alasan terakhir adalah Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Faktor ini mereka sebut sebagai pertmbangan utama menentukan harga BBM.

Dengan demikian, harga Pertalite (RON 90) saat ini masih seperti bulan lalu yakni Rp 7.650/liter khususnya di DKI Jakarta. Adapun Pertamax (RON 92) adalah Rp 9.000, sedangkan Pertamax Turbo (RON 98) Rp 9.850.

Adapun BBM untuk mesin diesel, Dexlite (CEN 51) dijual seharga Rp 9.500/liter. Jenis lainnya, Pertamina Dex (CEN 53) dipasarkan seharga Rp 10.200/liter. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support