Pertamina: Konsumsi BBM Turun Saat Pandemi Corona dan Social Distancing

Berita Otomotif

Pertamina: Konsumsi BBM Turun Saat Pandemi Corona dan Social Distancing

JAKARTA – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di Indonesia menjadi berkurang selama masa pandemi Corona, khususnya sejak anjuran social distancing berlaku pada pertengahan Maret 2020.

Pertamina, melalui keterangan resmi pada akhir pekan ini, menjelaskan bahwa konsumsi masyarakat untuk BBM mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir. Berdasarkan data, sejak penerapan anjuran bekerja dari rumah (Work From Home) berlaku pada 16 Maret, secara umum konsumsi BBM turun 8 persen.

Rata-rata konsumsi BBM harian di masa normal adalah 134,87 ribu kiloliter (KL). Sekarang, pemakaian BBM ‘hanya’ 123,74 ribu KL.

Sekadar mengingatkan, social distancing adalah salah satu anjuran dari World Health Organization (WHO) kepada masyarakat negara yang telah terkena wabah virus Corona atau Covid-19. Setiap individu diminta menjaga jarak minimal satu meter, terutama dari mereka yang sedang batuk maupun bersin.

Pasalnya, virus yang awalnya muncul di Wuhan, China pada akhir 2019 dan telah menyebar ke sekitar 190 negara ini menular melalui percikan air liur orang yang positif terinfeksi, atau benda yang terkena percikan air liurnya. Virus ini sendiri diketahui masuk Indonesia melalui pengumuman Presiden Joko Widodo pada 2 Maret, diikuti anjuran Work From Home dan belajar di rumah (Study From Home) mulai 16 Maret hingga kini karena penyebarannya yang cepat dan masif di ruang publik.

Berdasarkan data per 27 Maret, virus sudah sudah menjangkiti 1.046 orang di Tanah Air. Sebanyak 87 di antaranya meninggal serta 46 lainnya sembuh.

Pertamina memastikan pihaknya terus menjaga stok BBM nasional di masa pandemi maupun Work From Home. Saat ini, rata-rata ketersediaan BBM nasional cukup untuk 23 hari.

Mereka juga mengadakan layanan beli bensin maupun Liquid Petroleum Gas (LPG) dari rumah. Ada pula upaya-upaya pencegahan agar meminimalisir potensi penularan virus di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina (SPBU) yang masih beroperasi tetap beroperasi di masa pandemi, seperti misalnya penyemprotan disinfektan rutin, penyediaan hand sanitizer, maupun penyediaan masker bagi petugas penjaga. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar