Konsumsi BBM Pertamina Hampir Balik ke Normal di Tengah Pandemi

Berita Otomotif

Konsumsi BBM Pertamina Hampir Balik ke Normal di Tengah Pandemi

JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Pertamina nyaris kembali normal pada medio Agustus 2020, bulan ketiga pelaksanaan transisi tatanan baru di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Sekadar mengingatkan, transisi tatanan baru pada masa pandemi atau ‘new normal’ diterapkan oleh pemerintah mulai Juni kemarin. Pandemi Corona sendiri diketahui masuk ke Indonesia pada Maret 2020.

Berdasarkan data hingga pertengahan Agustus, konsumsi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina area DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat secara total sudah mencapai 91 persen dari konsumsi normal sebelum pandemi (Januari – Februari).


Konsumsi rata-rata harian sudah mencapai 23.808 Kilo Liter per hari untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo). Pada 2 bulan pertama 2020, angkanya adalah 26 ribu Kl per hari.

Di sisi lain, konsumsi BBM jenis Gasoil (Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex) mencapai 85 persen dari masa prapandemi. Konsumsi rata-rata harian saat ini tercatat mencapai 8.281 Kl per hari, sedangkan pada kondisi normal di Januari – Februari angkanya menyentuh 9.811 Kl.

“Sejak Pemerintah memberlakukan masa transisi tatanan baru tahap I pada Juni 2020, terutama untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, konsumsi BBM baik gasoline maupun gasoil berangsur meningkat,” kata Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relations and CSR Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina, melalui keterangan resmi yang diterima Mobil123.com baru-baru ini.

Ada yang Sudah Normal
Beberapa kota di area yang ditangani MOR III Pertamina menunjukkan konsumsi BBM yang sudah normal. Seperti di ‘Ciayumajakuning’ (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) yang konsumsi rata-rata hariannya untuk BBM jenis Gasoline sudah mencapai 109 persen dari kondisi normal yakni 1.900 Kl.

Adapun konsumsi rata-rata untuk BBM jenis Gasoil masih 93 persen dibandingkan Januari – Februari.

Di Sukabumi dan Cianjur, konsumsi BBM jenis Gasoline mencapai 1.200 KL atau sekitar 106 persen dari kondisi normal. Adapun Gasoil hampir mencapai 300 Kl, atau 90 persen dari kondisi normal.

Sementara itu, wilayah Jakarta, Bogor, Depok (Jabode), konsumsi BBM jenis Gasoline telah mencapai lebih dari 7 ribu Kl atau 81 persen dari konsumsi normal. Adapun untuk Gasoil mencapai 79 persen dari konsumsi sebelum Pandemi, atau masih berkisar 2.000 KL per hari. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar