Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pertamina Dex Lagi Mahal, Mesin Baru Mitsubishi L300 Kuat ‘Minum’ Bio Solar!

Berita Otomotif

Pertamina Dex Lagi Mahal, Mesin Baru Mitsubishi L300 Kuat ‘Minum’ Bio Solar!

JAKARTA – Meski kini berstandar emisi gas buang Euro 4, Mitsubishi Colt L300 terbaru diklaim masih mampu ‘menenggak’ bahan bakar minyak (BBM) Subsidi Bio Solar.

L300 Euro 4 mengaspal di Indonesia pada penghujung Juni 2022. Mesin barunya tak hanya diklaim lebih ramah lingkungan, tapi juga punya tenaga maupun torsi lebih besar 40 persen.

“Penyesuaian ini (standar emisi Euro 4) dititikberatkan pada sistem pembakaran dan gas buang yang akan memberikan juga beberapa manfaat tambahan. Tentunya, hal tersebut harus didukung BBM yang sesuai dengan Cetane Number (CN) minimum 51 dan kandungan sulfur 50 ppm. Contohnya Pertamina Dex,” kata Director of Sales & Marketing Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro dalam seremoni peluncuran virtual.

Harga BBM, termasuk Pertamina Dex, sendiri saat ini sedang menjulang tinggi sebagai dampak dari krisis geopolitik antara Rusia-Ukraina. Berdasarkan penelusuran di situs resmi Pertamina per Rabu (27/7/2022), banderol Pertamina Dex mencapai Rp16.500 per liter di DKI Jakarta.

Di tengah situasi yang berlangsung nyaris selama setengah tahun ini, Irwan menyebut kalau mesin L300 terkini masih tetap sanggup ‘meminum’ bio solar. Dapur pacunya tidak akan langsung rusak meski menggunakan BBM dengan kualitas lebih rendah.

Director of After Sales Division MMKSI Eiichiro Hamazaki menambahkan L300 Euro 4 juga tidak bakal mogok tiba-tiba ketika menggunakan Bio Solar. Meski demikian, ia mewanti-wanti agar perawatan berkala maupun performa komponen tertentu mesti lebih diperhatikan.

“Kalau tidak bisa menggunakan BBM seperti yang direkomendasikan, bisa melakukan penggantian filter BBM lebih rutin dan juga perawatan berkala di bengkel MMKSI,” pungkas Hamazaki,” tandasnya.

L300 Euro 4 menyandang mesin diesel berkode 4N14 2.268 cc, 4 silinder segaris, DOHC, Direct Injection with Intercooler Common Rail Turbocharger. Produksi tenaga maksimalnya 99,25 ps (3.500 rpm), sementara torsi puncaknya 200 Nm (1.000-3.500 rpm).

Mesinnya diklaim lebih efisien plus lebih minim getaran.

L300 Euro 4 tak hanya mendapatkan penyegaran dari sisi mesin. Tampilan eksterior dan interior juga mendapatkan sedikit diferensiasi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang