Mitsubishi L300 Euro 4 Masih Bisa ‘Minum’ Bio Solar Jika Terpaksa, tapi…

Berita Otomotif

Mitsubishi L300 Euro 4 Masih Bisa ‘Minum’ Bio Solar Jika Terpaksa, tapi…

JAKARTA – Mitsubishi Colt L300 terbaru masih bisa menoleransi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis bio solar, meskipun berstandar Euro 4. Tapi, ada saran dari pabrikan yang mesti diperhatikan.

New L300 meluncur di Indonesia pada Selasa (28/6/2022) secara virtual. Ada dua tipe yang tersedia untuk model yang sekarang diimpor utuh dari Filipina ini, Pick Up Flat Deck maupun Cab Chassis, dengan harga on the road (OTR) Jakarta mulai Rp213,65 juta.

Mesin L300 terkini sudah berstandar emisi gas buang Euro 4, selain ubahan-ubahan lain. Oleh karena itu, jenis BBM yang direkomendasikan setara dengan Pertamina Dex.

“Penyesuaian ini (standar emisi Euro 4) dititikberatkan pada sistem pembakaran dan gas buang yang akan memberikan juga beberapa manfaat tambahan. Tentunya, hal tersebut harus didukung BBM yang sesuai dengan Cetane Number minimum 51 dan kandungan sulfur 50 ppm. Contohnya Pertamina Dex,” papar Director of Sales & Marketing Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro dalam seremoni peluncuran.

Meski begitu, lanjut dia, penggunaan BBM tak tepat tidak bakal langsung menyebabkan kerusakan mesin. Dalam kondisi terpaksa, jenis BBM yang kualitasnya lebih rendah dari itu masih bisa ditoleransi oleh New L300.

Director of After Sales Division MMKSI Eiichiro Hamazaki menjelaskan, penggunaan BBM yang cocok akan membuat efisiensi konsumsi BBM pada New L300 menjadi maksimal.

Dalam kondisi penggunaan BBM yang tak sesuai dengan standar Euro 4, menekankan konsumen agar lebih memperhatikan perawatan serta servis.

Ia menegaskan tidak akan ada masalah mobil mogok tiba-tiba karena penggunaan BBM yang lebih rendah dari Pertamina Dex, contohnya Bio Solar.

“Kalau tidak bisa menggunakan BBM seperti yang direkomendasikan, bisa melakukan penggantian filter BBM lebih rutin dan juga perawatan berkala di bengkel MMKSI,” pungkas Hamazaki.

L300 teranyar disertai dengan garansi dua tahun atau 50 ribu km—mana yang tercapai lebih dulu. Namun, kerusakan karena penggunaan Bio Solar dapat menghilangkan garansi untuk komponen terkait.

“Kami harus jelaskan kalau ditemukan kerusakan komponen akibat penggunaan BBM tidak sesuai, garansi hilang untuk komponen yang rusak tersebut. Namun, kondisi ini tidak menggugurkan garansi kendaraan secara keseluruhan,” tutup Hamazaki. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar