Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemindahan Produksi Mitsubishi L300 dari Indonesia ke Filipina Cuma Sementara

Berita Otomotif

Pemindahan Produksi Mitsubishi L300 dari Indonesia ke Filipina Cuma Sementara

JAKARTA - Pabrik Mitsubishi di Indonesia akan kehilangan satu model yaitu Colt L300. Namun, hal ini disebut hanya sementara.

L300 diketahui bersiap pindah produksi dari Indonesia ke Filipina pada 2022. Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengakui hal tersebut tapi dengan satu catatan.

“Pemindahan produksi ini hanya bersifat temporer,” ucap dia dalam konferensi pers virtual awal tahun pada Kamis (17/3/2022).

Sekadar mengingatkan, L300 diproduksi di pabrik PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi sejak 2018.

Sebelum itu, mobil yang pertama kali mengaspal di Tanah Air pada awal 1980-an tersebut lama dirakit di pabrik PT. Krama Yudha Ratu Motor di Pulo Gadung, Jakarta.

Pabrik MMKI Cikarang, menurut data Gaikindo Januari-Februari 2022, membuat beberapa model. Hanya L300 yang merupakan kendaraan niaga.

Sisanya ialah kendaraan penumpang yakni Xpander, Xpander Cross, serta Pajero Sport.

Lalu, apa alasan produksi L300 geser dari Indonesia ke Filipina?

“Ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan rencana produksi yang memadai bagi pabrik-pabrik kami di kawasan ASEAN (Asia Tenggara). Tapi, bukan berarti kami di Indonesia menyerah sepenuhnya merakit L300 di Indonesia. Ini solusi sementara. Pada masa mendatang, dalam waktu tak terlampau lama, produksinya akan kembali ke pabrik MMKI,” papar Nakamura.

L300, selain menjadi salah satu nama legendaris di pasar roda empat Tanah Air, juga merupakan andalan penjualan Mitsubishi untuk sektor kendaraan penumpang dan niaga ringan.

Pikap ringan tersebut menjadi kontributor penjualan kedua Mitsubishi di Indonesia. Pada 2021, transaksi jual-belinya menurut data Mitsubishi mencapai 27.110 unit, dengan pangsa pasar 65 persen di segmennya.

Di atasnya ada seri Xpander yang secara total laku 50.807 unit (Xpander 28.424 unit, Xpander Cross 22.383 unit). Adapun capaian Mitsubishi untuk seluruh model kendaraan penumpang dan niaga ringan tahun lalu 104.407 unit.

“Kami tahu,  L300 ini seperti ‘mobil nasional’ bagi masyarakat Indonesia. Kami tidak bisa melewatkan produksi model ini (di masa depan),” tegas Nakamura. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang