Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Perbedaan Mazda2 Hatchback dan Sedan, Bukan Cuma Soal Panjang

Panduan Pembeli

Perbedaan Mazda2 Hatchback dan Sedan, Bukan Cuma Soal Panjang

Mazda2 terdiri dari versi hatchback dan sedan. Selain punya perbedaan dari sisi panjang, keduanya juga punya beragam diferensiasi lain.

Mazda2 merupakan salah satu model termurah dari Mazda di Indonesia. Rentang harganya adalah Rp300 jutaan, baik untuk yang hatchback atau pun sedan.

Jika ditanyakan terkait perbedaan di antara keduanya, salah satu jawabannya tentu saja terkait dengan panjang mobil Mazda2 hatchback dan sedan. Pasalnya, Mazda2 sedan memiliki ‘buntut’ pada bagian buritan.

Mazda2 sedan

Akan tetapi, distingsi di antara dua versi Mazda2 tersebut tak sekadar soal panjang. Ada bermacam perbedaan lain yang mungkin akan berdampak besar pada tipe atau profil konsumen dari Mazda2 hatchback serta sedan.

Artikel kali ini ditujukan bagi Anda yang meminat Mazda2 dan ingin mengetahui lebih lanjut terkait keduanya. Mobil123.com akan mengulas Mazda2 hatchback dan sedan dari berbagai aspek, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber.

Apa Perbedaan Mazda2 Hatchback dan Sedan?

Mazda2 hatchback

Perbedaan terbesar antara Mazda2 hatchback dan sedan terbagi menjadi tiga aspek. Ketiganya ialah harga, dimensi dan kapasitas bagasi, plus konsep desain eksterior-interior.

Berikut paparannya:

Harga

Perbedaan pertama tentu saja terkait harga. Jika Anda menebak bahwa banderol Mazda2 hatchback lebih murah ketimbang yang sedan, maka Anda salah.

Mazda2 hatchback, ketika artikel ini diterbitkan, lebih mahal nyaris Rp19 juta ketimbang versi sedannya. Tepatnya ialah Rp18,9 juta.

Mazda2 hatchback, per akhir Maret 2024, dijual seharga Rp367,7 juta on the road (OTR) Jakarta untuk satu tipe yang tersedia (GT). Sementara itu, harga Mazda2 sedan sekarang Rp348,8 juta OTR Jakarta untuk satu tipenya.

Dengan harga tersebut, Mazda2 hatchback di pasar Indonesia harus ‘senggol-senggolan’ dengan model-model semisal Toyota Yaris dan Honda City hatchback. Adapun pesaing Mazda2 sedan contohnya adalah Toyota Vios, Honda City, MG 5 GT.

Dimensi dan Kapasitas Bagasi

Panjang mobil Mazda2 hatchback 4.065 mm. Di sisi lain, panjang mobil Mazda2 sedan dengan keberadaan ‘buntut’ di bagian belakang mencapai 4.340 mm.

Lebar keduanya sama-sama 1.695 mm. Kendati begitu, Mazda2 hatchback punya postur lebih tinggi (1.495 mm) dibandingkan Mazda2 sedan (1.479 mm).

Wheelbase atau jarak sumbu roda Mazda2 hatchback dan sedan benar-benar identik yakni 2.570 mm. Ground clearance Mazda2 hatchback 152 mm, lebih tinggi 2 mm ketimbang Mazda2 sedan yang hanya 150 mm.

Beda panjang mobil Mazda2 hatchback dengan yang sedan ini tentunya menghadirkan disimilaritas terkait kapasitas kargo. Ruang bagasi Mazda2 hatchback dalam kondisi semua kursi berdiri tegak adalah 250 liter, sedangkan ruang bagasi Mazda2 sedan dalam kondisi yang sama ialah 440 liter.

Eksterior dan Interior

Perbedaan lain antara Mazda2 hatchback dan sedan, setelah urusan harga dan panjang, terkait dengan konsep desain dari keduanya. Mazda2 hatchback untuk pasar Indonesia memiliki aura desain yang lebih sporty, sedangkan yang versi sedan dibuat berpenampilan lebih elegan.

Pada sisi eksterior, perbedaan konsep ini terlihat antara lain pada detail aksen dan warna gril depan. Mazda2 hatchback terlihat lebih berkelir black glossy dengan adanya aksen strip merah, sedangkan Mazda2 sedan lebih memilih aksen warna perak berkilau (kromium) di sekitar gril depan.

Meski pelek kedua versi Mazda2 tersebut sama-sama berukuran 16 inci, desainnya pun berlainan. Punya Mazda2 hatchback lebih berkesan gelap dan maskulin, sementara milik Mazda2 sedan berbentuk jari-jari perak yang lebih beraura ‘bapak-bapak matang’.

Tata letak berbagai komponen pada interior Mazda2 hatchback dan sedan sendiri sebenarnya identik.

Hanya saja, Mazda2 hatchback terbaru yang meluncur pada 2023 menggunakan jok kursi berbalut material leather and cloth, sedangkan Mazda2 sedan terkini keluaran 2022 memilih jok kursi Alcantara leather yang lebih berkesan elegan.

Kombinasi warna kabin pada Mazda2 hatchback dan sedan pun berlainan, menyesuaikan konsep sporty dan elegan milik masing-masing versi.

Persamaan Mazda2 Hatchback dan Sedan

Mazda2 sedan

Setelah mengulas mengenai perbedaan Mazda2 hatchback dan sedan seperti dimensi panjang dan lain-lain, tak afdal rasanya kalau tidak ikut membahas persamaan keduanya. Ada dua aspek yang sangat identik dari Mazda2 hatchback dan sedan yaitu mesin-transmisi serta daftar fitur.

Ini dia penjabarannya:

Mesin dan Transmisi

Baik Mazda2 hatchback atau pun sedan sama-sama dimodali mesin Skyactiv-G 1.5-liter, 4 silinder segaris, DOHC 16 valve, G-Vectoring Plus.

Ukuran bore x stroke-nya ialah 74,5 x 85,8 mm. Rasio kompresi mencapai 13,0:1. Dapur pacu Mazda2 hatchback dan sedan menggelontorkan tenaga maksimal 111 ps di putaran mesin 6.000 rpm, sedangkan torsi puncaknya 144 Nm di 4.000 rpm.

Mesin Mazda2 hatchbak dan sedan telah dilengkapi Idling Stop System i-Stop. Kapasitas tangki bensinnya 44 liter, dengan rekomendasi bahan bakar minyak (BBM) bensin yang memiliki Research Octane Number (RON) 90 atau lebih tinggi.

Girboks Mazda2 hatchback dan sedan ialah Sky-Activ Drive Transmission 6 percepatan. Fitur i-Stop sudah menjadi standar.

Daftar Fitur

Daftar fitur Mazda2 hatchback dan sedan 2024 kurang-lebih sudah sama pula. Sebut saja, misalnya, 6 Airbag, Active Driving Display, Wireless Charging, Multi-Function Commander, Mazda Connect, dan teknologi bantuan keselamatan aktif i-Active Sense.

i-Active Sense terdiri dari beragam fitur canggih. Contohnya Forward and Reverse Smart City Brake Support, Lane Departure Warning System, dan Driver Attention Alert, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert.

Kesimpulan

Mazda2 hatchback

Mazda2 hatchback dan sedan merupakan salah satu pilihan mobil Jepang elegan dengan harga Rp300 jutaan di Indonesia.

Seperti mobil-mobil Mazda lainnya, Mazda2 menawarkan desain yang simpel tapi berkelas, entah itu yang beraura sporti seperti Mazda2 hatchback atau elegan layaknya Mazda2 sedan. Perbedaan konsep desain ini juga turut menentukan karakter konsumen dari masing-masing model.

Panjang mobil Mazda2 hatchback dan sedan tentu saja berlainan, karena adanya tambahan ‘buntut; pada bagian belakang. Ini berdampak pada penambahan ruang bagasi pada Mazda2 sedan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, Mazda2 sedan cocok bagi Anda yang sudah berusia matang, menginginkan mobil beraura elegan, dan menginginkan kendaraan yang mempunya ruang kargo lebih untuk membawa kebutuhan pribadi atau kebutuhan sehari-hari Anda.

Mazda2 hatchback, di sisi lain, lebih pas bagi Anda yang berjiwa muda, ingin tampil keren, punya keluarga kecil, dan tak terlalu memusingkan besar bagasi.

Di samping urusan panjang mobil, kapasitas bagasi, dan detail eksterior-interior, Mazda2 hatchback dan sedan sebenarnya tidak mempunyai perbedaan lain yang terbilang jomplang. Mesin-transmisi persis sama dan fitur-fitur yang melengkapinya pun sama modernya.

Mazda2, baik yang hatchback apalagi sedan, memang tidak masuk daftar tiga besar model terlaris Mazda. Popularitasnya kalah dari Mazda CX-3, Mazda CX-5, dan Mazda3.

Meski demikian, Mazda2 diketahui memiliki basis penggemarnya sendiri. Ini sama dengan merek Mazda yang para konsumennya cenderung loyal dan tak bisa gampang beralih ke merek-merek mobil lain. [Xan/YS]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang