Atur Lagi Perjalanan Ya, Perbaikan Tol Cipali yang Amblas Butuh Sekitar 2 Minggu

Berita Otomotif

Atur Lagi Perjalanan Ya, Perbaikan Tol Cipali yang Amblas Butuh Sekitar 2 Minggu

JAKARTA – Pengelola Tol Cikopo – Palimanan (Palimanan) memperkirakan perbaikan ruas yang amblas berlangsung dua minggu ke depan. Namun, jalur darurat untuk dilalui kendaraan bisa dibuat dalam waktu hanya beberapa hari.

Sekadar mengingatkan, pada Selasa (9/2/2021) dini hari ruas KM 122+400 (Cirebon arah Jakarta) Tol Cipali amblas ke tanah. Astra Tol Cipali selaku pengelola pun berkoordinasi dengan kepolisian memberlakukan contra flow dari KM 117 sampai dengan KM 126 mulai pkl 01.00 WIB demi mengurangi beban pada jalan dan memitigasi kemacetan.

Astra Tol Cipali, melalui keterangan resmi pada hari yang sama, kemudian mengumumkan bahwa pihaknya sedang membangun jalur darurat di sekitar area tol yang amblas. Estimasi waktunya adalah tiga hari.

“Untuk mengurangi beban lalu lintas, dibangun lajur darurat di median, diperkirakan memakan waktu tiga hari,” ucap Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali.

Pernyataan pers dari anak perusahaan dari Astra Infra Toll Road ini sendiri menghindari penyebutan kata ‘amblas’, ‘rusak’, maupun ‘longsor’ untuk ruas KM 122+400. Kegiatan perbaikan pun mereka sebut sebagai ‘perawatan yang diakibatkan oleh kondisi curah hujan tinggi dan terus-menerus terjadi di wilayah Jawa Barat khususnya di ruas Tol Cipali’.

Aktivitas 'perawatan' ini diproyeksikan memakan waktu kurang – lebih dua pekan sejak amblas terjadi.

Tol Cipali Amblas karena Longsor pada 9 Februari 2021
“Kami juga sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan  pekerjaan perawatan jalan pada KM 122+400, diperkirakan memakan waktu 2 minggu,” jelas Agung lagi.

Astra Tol Cipali dalam keterangan tertulis memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pengguna jalan. Mereka mengimbau pula kepada para pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol tersebut, juga agar tetap berhati – hati dan menaati rambu – rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan.

“Persiapkan diri dengan baik dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima serta selalu patuhi protokol Kesehatan. Jika terjadi kendala dapat menghubungi ke nomor call center 0260 7600 600 atau melalui media sosial @astratolcipali. Petugas siap melayani 24 jam,” tutup mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar